ANALISIS PERBANDINGAN MESIN PEMOTONG RUMPUT BADJA BG435 BAHAN BAKAR MINYAK DAN K-ONE ELEKTRIK

Authors

  • Liebyararenza Sukma Maha Rizqie Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.99

Keywords:

perbandingan, mesin potong rumput, badja BG435, K-One

Abstract

Pemotongan rumput merupakan suatu aktivitas yang penting dalam pemeliharaan rumput. Hal itu bertujuan agar hamparan rumput menjadi rapat dan merata. Oleh karena itulah ada baiknya pemotongan dilakukan menggunakan alat mesin dengan akurasi pemotongan yang baik. Salah satu upaya pengelolaan tersebut adalah dengan menggunakan alat pemotong rumput, dengan alat pemotong rumput, rumput bisa dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan lebih efisien antara mesin pemotong rumput badja BG435 BBM dan K-One elektrik, dan Faktor apa saja yang bisa memperlambat proses pemotongan rumput. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian mesin potong rumput. Mesin pemotong rumput Badja BG435 dapat memotong rumput dengan waktu 30 menit dengan kapasitas bahan bakar 10,8 liter bensin mampu menghasilkan memotong rumput seluas 10 m^2, waktu 45 menit dengan kapasitas bahan bakar 16,2 liter bensin mampu menghasilkan memotong rumput seluas 12,5 m^2, dan waktu 60 menit dengan kapasitas bahan bakar 21,6 liter bensin mampu menghasilkan memotong rumput seluas 15 m^2, dan dimana mesin pemotong rumput K-One Elektrik dapat memotong rumput dengan waktu 30 menit dengan kapasitas baterai 2250 mAh menghasilkan mampu memotong rumput seluas 5,5 m^2, waktu 45 menit dengan kapasitas baterai 3375 mAh menghasilkan mampu memotong rumput seluas 7 m^2, dan waktu 60 menit dengan kapasitas baterai 4500 mAh menghasilkan mampu memotong rumput seluas 9,5 m^2. pada saat akan melakukan proses pemotongan rumput pada halaman rumah atau kebun yang pertama adalah pastikan mesin pemotong rumput dalam kondisi baik dan pisau sudah tajam, kedua untuk bahan bakar pada mesin pemotong rumput Badja BG435 harus sudah terisi penuh dan untuk mesin pemotong rumput K-One baterai sudah terisi penuh, dan yang terakhir untuk operator mesin pemotong rumput harus benar-benar mahir.

References

Kahar, “Desain Mesin Potong Rumput Tipe Rotari Dengan Mesin Penggerak Listrik. Desain Mesin Potong Rumput Tipe Rotari Dengan Mesin Penggerak Listrik,” (2018).

Roha Tambunan, L., Pilemon, ), Silaban, R., Las, O. :, & Tambunan, R, “Rancang Bangun Mesin Pemotong Rumput Dengan Daya Penggerak Motor Bensin,” (2021).

Kurniawan, E,” Jenis Mesin Potong Rumput Dan Cara Merawatnya,“ (2021).

Fadhil, M,”Tips Menggunakan Mesin Potong Rumput Biar Aman.” (2021).

Buyung, S,"Analisis Perbandingan Daya Dan Torsi Pada Alat Pemotong Rumput Elektrik (Apre) Surianto Buyung," (2018)

Indrawan, B. and Usman, M.K,"Analisis Konsumsi Bahan Bakar Mesin Pemotong Rumput," (2021)

Downloads

Published

2023-09-20