ANALISIS OVERSIZE PISTON DIAMETER UKURAN 65,5 MM TERHADAP KOMPRESI PADA MOTOR HONDA MEGA PRO 2006

Authors

  • Muhammad Mahmud Jaini Universitas Islam Majapahit
  • Luthfi Hakim Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.85

Keywords:

Oversize Piston, Kompresi

Abstract

 Penelitian ini dilakukan pada proses oversize pada motor Honda Mega Pro tahun 2006 yang telah aus atau piston dan dinding silinder terlalu banyak celah. Oversize dilakukan dengan mengganti piston standar menjadi Oversize 65,5 mm. Tujuan dari proses oversize ini adalah untuk mengetahui pengaruhnya terhadap Kompresi pada motor dan membandingkannya dengan penggunaan piston pada ukuran standar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak dari perubahan kompresi, serta melihat perubahan dalam konsumsi bahan bakar setelah proses oversize dilakukan. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang pengaruh proses oversize terhadap kinerja motor, termasuk volume langkah, perbandingan kompresi, daya, dan volume langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa oversizing piston dapat memiliki dampak pada perubahan kompresi sepeda motor honda mega pro 2006 setelah mengalami perubahan pada diameter piston.

References

Bagiyo,C, Purnomo. (2019) Pengaruh Tekanan Kompresi Terhadap Daya Torsi Pada Engine Single Piston. Jurnal Quantum Teknika. Vol. 1, No. 1, Hal 14-18.

Jatnika, D., & Mudasir, H. (2021). Analisis dampak perubahan volume silinder sepeda motor 110 cc terhadap kinerja. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 16(1), 65-76.

Riyadi, Sugeng. (2016). Analisa Pengaruh Oversize Piston Terhadap Kinerja Motor Dan Konsumsi Bahan Bakar. Wahana Jurnal. Jurnal keilmuan dan terapan tehnik. Volume 05, Nomor 01, Juni. Hal 57 – 80

Downloads

Published

2023-09-23