AUGMENTED REALITY AND NAVIGATION LOKASI WISATA TROWULAN MOJOKERTO MENGGUNAKAN MARKERLESS GPS BASED TRACKING

Authors

  • Risma Putri Pramiswari
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Yanuarini Nur Sukmaningtiyas Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.7

Keywords:

Augmented Reality, GPS based Tracking, Lokasi Wisata, Android

Abstract

Mojokerto merupakan sebuah kota yang mempunyai cukup banyak lokasi pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota. Bagi pengunjung yang baru mengenal wilayah kabupaten Mojokerto akan sulit untuk mendapatkan informasi detail mengenai objek wisata di kabupaten Mojokerto. Bertanya kepada penduduk setempat ataupun pemandu wisata akan sangat menolong bagi para pengunjung, akan tetapi saat berkunjung ke Kabupaten Mojokerto belum tentu memperoleh solusi tersebut. Diterapkannya Augmented Reality di aplikasi dapat menjadi solusi lain yang dapat diterapkan, sehingga informasi tentang objek pariwisata akan terpenuhi melalui baik. Teknologi ini juga bisa menggabungkan GPS based tracking di framework pengenalan objek wisata. Teknologi ini diperlukan akan memudahkan pengguna untuk mengetahui letak, gambaran dan informasi terkait objek wisata di Kabupaten Mojokerto. Aplikasi tersebut dapat digunakan oleh semua usia, dari dari umur 17 tahun hingga dewasa. Diperlukan juga bisa menambah pengetahuan di para siswa maupun mahasiswa tentang objek wisata sejarah Majapahit dan religi di Kabupaten Mojokerto.

References

S. Naqiyah, S. Andryana, and R. T. Komalasari, “Augmented Reality Pengenalan Laboratorium FTKI Universitas Nasional dengan Tracking Based Navigation,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, p. 116, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i1.38307.

R. A. Kusuma, Y. Sholva, and R. D. Nyoto, “Aplikasi Peringatan Rambu Lalu Lintas dengan Metode Location Based Service Berbasis Mobile,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 230, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.39255.

S. Kasus and U. Islam, “(Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains),” pp. 22–28, 2021.

D. Muhammad, E. W. Hidayat, and A. P. Aldya, “Rancang Bangun Media Informasi Jalur Angkot Kota Tasikmalaya Berbasis Augmented Reality Markerless GPS,” SAIS| Sci. Artic. Informatics Students, vol. 4, no. 1, pp. 35–41, 2021.

N. Tri Ayunestina, S. Purwantoro, and Y. Fitrisia, “Implementasi Augmented Reality dalam bentuk Location Based Service (LBS) pada hotel di Kota Pekanbaru berbasis Android,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. Vol. 6 No. 2 (2020), pp. 119–128, 2020, doi: 10.35143/jkt.v6i2.3585.

M. S. Okriyanto, A. Erlansari, and Ernawati, “Aplikasi AR-HB (Augmented Reality and Historical Building ) Sebagai Media Promosi Dan Pengenalan Bangunan Bersejarah Dikota Bengkulu,” J. Rekursif, vol. 6, no. 2, pp. 13–21, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/4268%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/viewFile/4268/2957

J. Purnama, Ernawati, and S. Erlansari, Aan, “Rancang Bangun Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android (Studi Kasus: Pencarian Perangkat Daerah Kota Bengkulu),” J. Rekursif, vol. 2, no. 2, pp. 81–91, 2014.

L. Ardiantoro, S. Zahara, and N. Sunarmi, “PEMANFAATAN KNOWLEDGE DATA DISCOVERY(KDD) PADA POLA PERMAINAN ATLET BULUTANGKIS,” EXPLORIT, vol. 11, no. 1 pp. 1–6, Jun., 2019, [Online]. Available: http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/EXPLORE-IT/

Downloads

Published

2022-09-17