RANCANG BANGUN APLIKASI ACCESSORIES MATCHING BERBASIS AUGMENTED REALITY

Authors

  • Mochamad Wahyu Saputra Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit
  • Joko Ristono Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.63

Keywords:

Accessories Matching, Android, Augmented Reality, Face Tracking

Abstract

 Mencoba aksesoris kepala ketika hendak membeli aksesoris kepala sangat penting bagi calon pembeli. Untuk mencoba aksesoris kepala, calon pembeli harus datang langsung ke tempat jual aksesoris kepala, hal itu  mengurangi efisiensi waktu konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode baru yang bisa digunakan untuk mencoba aksesoris kepala, dengan teknologi augmented reality calon pembeli dapat mencoba aksesoris tersebut dapat digunakan pada aplikasi mobile. Aplikasi tersebut dapat berfungsi menggunakan metode face tracking, yaitu metode yang dapat mengenali wajah pengguna dan akan menampilkan objek pada bagian wajah pengguna. Untuk mencapai hasil pengujian yang optimal, pengujian aplikasi dilakukan kepada smartphone para pengguna, apakah aplikasi tersebut dapat berfungsi dengan baik atau masih perlu dikembangkan lagi. Dari hasil pengujian yang diperoleh akan ditentukan dari segi fungsi, aplikasi yang telah dihasilkan mencapai persentase pengujian sebesar 83,4 persen dari sisi pengguna aplikasi dan dari segi tampilan, aplikasi yang telah dihasilkan mendapatkan persentase pengujian sebesar 85,1 persen dari sisi pengguna aplikasi bahwa telah dibuat aplikasi mobile berbasis augmented reality untuk mencoba model aksesoris kepala melalui smartphone android yang memiliki kompatibilitas sangat baik.

References

M. R. Almasyariqi, S. Rani, and B. Suranto, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Virtual Fitting Room Frame Kacamata,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), vol. 0, no. 0, pp. 86–90, 2018.

V. Maulidiana and T. Informatika, “PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PRODUK ACCESSORIES KALUNG ( STUDI KASUS DREAMS ACCESSORIES ),” vol. 1, no. 1, pp. 589–596, 2017.

M. Muntahanah, R. Toyib, and M. Ansyori, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra),” Pseudocode, vol. 4, no. 1, pp. 81–89, 2017, doi: 10.33369/pseudocode.4.1.81-89.

M. A. Ghani, A. Rusli, and N. M. S. Iswari, “Rancang Bangun Aplikasi Face Tracking dan Filter Berdasarkan Raut Wajah Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Berbasis iOS,” Ultima Computing : Jurnal Sistem Komputer, vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.31937/sk.v11i1.1046.

M. B. Pratiwo and M. Akbar, “P a r p m m f t,” vol. 16, no. 1, pp. 1–10, 2022.

S. Z. Feriyanto Nur Awaludhin, Ronny Makhfuddin Akbar, “Pengenalan Kota Mojokerto Tempo Dulu Berbasis Augmented Reality Memanfaatkan GPS Based Tracking,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, vol. Vol. I No., pp. 1–7, 2021.

L. Ardiantoro, S. Zahara, and N. Sunarmi, “PEMANFAATAN KNOWLEDGE DATA DISCOVERY(KDD) PADA POLA PERMAINAN ATLET BULUTANGKIS,” Online. [Online]. Available: http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/EXPLORE-IT/

Downloads

Published

2022-09-30