PENGARUH TINGGI LIFT NOKEN AS TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION

Authors

  • Imanto Agus Syaifudin Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.61

Keywords:

Tinggi Lift Noken As, Daya Dan Torsi

Abstract

Dunia otomotif saat ini berkembang semakin pesat, yang mana juga diikuti oleh perkembangan dari berbagai komponen pendukungnya. Selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga digunakan untuk kepentingan kompetisi performance. Untuk menghasilkan sepeda motor dengan performa yang tinggi salah satunya yang paling penting adalah dengan melakukan modifikasi pada bagian engine. Modifikasi yang umum dilakukan adalah dengan melakukan pemasangan parts racing, dimana hal tersebut dilakukan untuk memperoleh efisiensi volumetris dan thermal semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan tenaga seoptimal mungkin. Salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan tenaga seoptimal mungkin adalah dengan melakukan modifikasi pada camshaft. Memodifikasi camshaft dengan variasi tinggi lift bertujuan untuk memperoleh performa yang tinggi sehingga dapat digunakan sehari-hari. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: 1) Setelah dilakukan 5 kali dynotesting pada noken as standart didapatkan rata- ratanya adalah daya 15,5 HP / 9191 RPM dengan torsi 14,06 Nm / 7172 RPM 2) Setelah dilakukan 5 kali dynotesting dengan pengaturan yang sama pada noken as variasi didapatkan data dengan rata-rata daya 16,0 HP / 9313 RPM dengan torsi 13,21 Nm / 8074 RPM.

References

Hartadi, Tri., 2015. Pengaruh Perubahan Lobe Separation Angle Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Jupiter Z 110 Tahun 2007. Skripsi, Universitas Muhamadiyah Pontianak, Pontianak.

Muarifudin, A., 2017. Unjuk Kerja Sepeda Motor 4 Langkah Fuel Injection terhadap Penggunaan Bahan Bakar Premium dan Pertalite. Skripsi, IST AKPRIND, Yogyakarta.

Murdianto Imam, 2016. Perbedaan peforma (Daya, Torsi, Kosumsi Bahan Bakar) Menggunakan Injektor Standart dan Injektor Racing dengan Bahan Bakar Pertamax dan Pertamax Plus pada sepeda Motor V-Xion

Nathan, Stanley., (2012). Karakteristik Kinerja Mesin 4-Tak 100 Cc pada 3 Konfigurasi Bukaan Katup Untuk Pengembangan Mekanisme Vvt Sohc. Skripsi, Universitas Indonesia, Depok.

Hakim, Lutfi, dkk, 2019. Upaya Peningkatan Perekonomian Pemuda Karang Taruna Melalui Usaha Tambal Ban, Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIM), Mojokerto.

Zakaria. Imam. 2014. Pengertian Dan Prinsip Kerja Motor Bakar 2 Tak & 4 Tak. https://imamzakaria270199.wordpress.co m/2014/12/18/pengertian-dan-prinsip- kerja-motor-bakar-2-tak-4-tak/. Diakses pada 1 Agustus 2018.

Downloads

Published

2022-09-30