KARAKTERISTIK KIMIA DAN ORGANOLEPTIK PERMEN JELLY AIR KELAPA (Cocos nucifera), JAHE MERAH (Zingiber officinale) DENGAN VARIASI PENAMBAHAN EKSTRAK JERUK LEMON (Citrus limon)

Authors

  • Moh Andre Cahyo Saputra Universitas Islam Majapahit
  • Anita Universitas Islam Majapahit
  • Eko Sutrisno Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.53

Keywords:

Permen Jelly, Air Kelapa, Herbal, Kuantitatif, karakteristik kimia

Abstract

Produk permen jelly adalah makanan ringan yang dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sedangkan untuk bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan permen jelly ini sangat mudah untuk didapatkan terutama untuk air kelapa tua yang sangat melimpah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk permen jelly yang terbuat dari air kelapa tua dengan dikombinasi dengan ekstrak jahe merah dan ekstrak jeruk lemon. Dimana dari tiga bahan tersebut dapat menghasilkan produk permen jelly herbal yang higienis dan menyehatkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode (RAL) Rancangan Acak Lengkap, pengumpulan data dilakukan dengan analisis kuantitatif, penyebaran kuisioner, studi literasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, bahwa variasi penambahan ekstrak jeruk lemon mempengaruhi terhadap Vitamin C, pH, rasa mutu organoleptik. Selain itu waktu pemasakan dapat mempengaruhi terhadap kadar air,Vitamin C, pH, aroma, tekstur mutu organoleptik. Sedangkan penambahan ekstrak jeruk lemon dengan perlakuan 1% merupakan perlakuan terbaik berdasarkan kadar air, rasa dan tekstur organolaptik. Sedangkan penambahan ekstrak jeruk lemon 5% perlakuan terbaik terhadap Vitamin C, rasa, aroma, tekstur organoleptik.

References

Hasyim, A., Purnamasari, A. B., dan Adolvina. (2017). Perbandingan Kadar Karbohidrat Kecap Dengan Penambahan Air Kelapa Muda dan Air Kelapa Tua Pada Berbagai Konsentrasi. Jurnal Bionature, 18, 15-20.

Arivianti, S. (1999). Daya Tangkal Radikal dan Aktivitas Penghambatan Pembentukan Peroksida Sistem Linoleat Ekstrak Rimpang Jahe, Laos, Temulawak dan Temuireng. Yogyakarta.

Ginting, N. A., Rusmarilin, H., dan Nainggolan, R. (2014). Pengaruh Perbandingan Jambu Biji Merah Dengan Lemon dan Konsentrasi Gelatin Terhadap Mutu Jambu Biji Merah. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian, 3.

Baliana, R., Karouw, S., Towaha, J., dan Hotapea, R. (2007). Pengaruh Perbandingan Air Kelapa dan Penambahan Daging Kelapa Muda Serta Lama Penyimpanan Terhadap Serbuk Minuman Kelapa. LITRRI , 12.

Koswara, S., dan Sumarto, A. D. (2012). Panduan Proses Produksi Minuman Jahe Merah Instan. Bogo: Institut Pertanian Bogo.

Kristanto, F. (2013). Kekerasan Permukaan Enamel Gigi Manusia Setelah Kontak dengan Air Perasan Lemon (Citrus Limon). Surabaya: Universitas Airlangga.

Hasyim, H., Rahim, A., dan Rostiati. (2015). Karakteristik Fisik, Kimia Dan Organoleptik Permen Jelly Buah Srikaya pada Variasi Konsentrasi Agar-agar. Agrotekbis, 3.

Jumri. ( 2014). Mutu Permen Jelly Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) Dengan Penambahan Karagenan dan Gum Arab. Pekanbaru: jumri.

Ayustaningwarno, F. (2014). Teori Praktis dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utomo, R. C., Sani, I. E., dan Ir. Sri Haryati, M. (2020). Kosentrasi Gula Pasir Terhadap Karakteristik Fisikokimia dan Organoleptik Selai Timun Krai (Curcumis sp). Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 01.

Winarno, F. (2002). kimia pangan dan gizi. jakarta: gramedia.

Purnamasari, S., Nia, M., dan Rizal. (2020). Pengembangan Limbah Air Kelapa Sebagai Permen Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani di Desa Awunio Kecamatan Kolono Kabupaten Konawe Selatan. Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 2.

Saputra, M. A., Harini, N., dan Anggriani, R. (2020). Kajian Sifat Fisikokimia Permen Jelly oleh Tiga Varietas Jahe. teknologi pertanian, 2.

Jurait, M., dan Mardesci, H. (2016). Studi Pembuatan Permen Dari Air Kelapa Terhadap Karakteristik dan Penerimaan Konsumen. Jurnal Teknologi Pertanian , No. 1.

Bactiar, A., Akhyar, A., dan Evy, R. ( 2017). Pembuatan Permen Jelly Jahe Merah dengan Penambahan Karagenan. Sains dan Teknologi Pangan, 1.

AOAC. (1995). Kadar Air. official methods of analyis of association of official analytical chemis. AOAC internasiona. virginia USA.

Techinamuti dan Pratiwi, 2018. Vitamin C Metode Titrasi Iodium, Farmaka, 16,02.

Pratiwi, Y. H., Ratnayani, O., dan Wirajana, I. N. (2018). Perbandinngan Metode Uji Gula Pereduksi Dalam Penentuan Aktivitas Substrat Janur Kelapa (Cocos Nuciffera) (Vol. 2). Universitas Udayana: Jurnal Kimia.

Ockerman, 1983. Chemistry of Meat Tissue. 10th ed. Animal science Departement The Ohio State University. The Ohio Agricultural Research and Development Center, Ohi.

Arifin, (2006). Kajian Proses Pembuatan Serbuk Kulit Jeruk Lemon (Citrus Lemon) sebagai Flavor Teh Celup. Bogor, Indonesia: Institut Pertanian Bogor.

I. T Farikha, C Anam, and E. Widowati, (2013). Pengaruh Jenis dan Konsentrasi Bahan Penstabil Alami Terhadap Karakteristik Fisikokimia Sari Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus) Selama Penyimpanan, Jurnal Tenosains Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 30-38.,2013.

Khalieda Zia, Yuliani Aisyah, Zaidiyah, and Heru Prono Widayat, Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Permen Jelly Kulit Buah Kopi (PULP) Dengan Penambahan Gelatin dan Sari Jeruk Lemon (Citrus Limon), Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, vol. 11, p. 1, 2019.

Sarwono, B. (2001). Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis. Depok: Agromedia Pustaka.

A. A. Amir, (2014). Pengaruh Penambahan Jahe (Zingiber Officinalle) Dengan Level yang Berbeda Terhadap Kualitas Organoleptik dan Aktivitas Antioksidan Susu Pasteurisasi. Makasar: Universitas Hasanuddin.

Rakhmah, R. F. dan T. Suryani. 2016. Pemanfaatan Buah Lokal Sebagai Koagulan Soy Cheese. Jurnal Bioeksperimen, 2(1): 8-16.

Harijono, O., K. Joni, dan A, M, Setyo. 2001. Pengaruh Kadar Karagenan dan Total Padatan Terlarut Sari Buah Apel Muda Terhadap Aspek Kualitas Permen Jelly. Jurnal Teknologi Pertanian, vol 2 (2):110-116.

Paimin, F.B. dan Murhananto. 2008. Budidaya, Pengolahan dan Perdagangan Jahe.

Penebar Swadaya. Jakarta. 116.

Downloads

Published

2022-09-30