ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ECO RACING PADA BAHAN BAKAR PERTALITE PADA MESIN POMPA AIR IRIGASI MELALUI UJI DEBIT AIR

Authors

  • Mohammad Fajar Prastyo Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit
  • Atika Isnaining Dyah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.51

Keywords:

debit air, eco racing, pertalite, pompa air

Abstract

Efisiensi pada bahan bakar apalagi pada mesin pompa air irigasi menurut kajian terdahulu dapat diasumsikan lewat tinggi debit air oleh karena itu, penulis mencoba melakukan penelitian ini lewat perbandingan tingginya uji debit air. Debit air yang dihasilkan akan menjadi patokan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan eco racing pada bahan bakar pertalite serta faktor apa yang mempengaruhi besar debit air yang dihasilkan dalam penelitian ini. Untuk analisis pengumpulan data, Metode eksperimen digunakan oleh penulis untuk membuktikan teori yang didapatkan oleh penulis apakah terbukti berhasil. Lalu Metode Komparatif yang digunakan untuk membandingkan seberapa besar pengaruh objek atau sampel yang akan dibandingkan. Untuk memperoleh data debit air, Mesin pompa air irigasi dinyalakan pada putaran mesin 2000 Rpm selama menyedot air. Untuk kestabilan penyedotan air ditunggu hingga normal dan diuji selama lima kali percobaan dan diuji selama 5 detik tiap-tiap dua sampel bahan bakar. Kemudian hasil yang keluar setelah pengujian akan dicatat oleh penulis. Untuk debit air yang dihasilkan bahan bakar Pertalite angka terendah yang dihasilkan sebesar 5,52 Liter/Detik sedangkan untuk angka tertinggi yang dihasilkan sebesar 5,78 Liter/Detik. Pada debit air pertalite dengan campuran eco racing, debit air terendah yang dihasilkan sebesar 6,78 Liter/Detik sedangkan debit air tertingginya mencapai 7,28 Liter/Detik.

References

A. Rijanto dan S. Rahayuningsih. (2021). Modifikasi Pompa Irigasi Berbahan Bakar Minyak Menjadi Gas, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Murtalim, F. M. Dewadi, dan Sunandar. (2020). “ANALISIS UNJUK KERJA ECO RACING SEBAGAI SUPLEMEN PENGHEMAT BAHAN BAKAR.” Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 3(1), hlm. 335-340.

F. Nurlan. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif, Pare-pare: CV. Pilar Nusantara.

Hermawan, D. (2021). Analisis Pengaruh Penambahan Eco Racing pada Bahan Bakar Pertamax Terhadap Unjuk Kerja Mesin Motor 2 Tak. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik dan Inovasi Mesin Otomotif, Komputer, Industri dan Elektronika, 8(3), 60-66.

Haryanto, A., Suharyadi, S., & Lanya, B. (2017). Pemanfaatan Air Tanah Dangkal untuk Irigasi Padi Menggunakan Pompa Berbahan Bakar LPG. Jurnal

Downloads

Published

2022-09-30