RANCANG BANGUN ALAT PENGADUK PUPUK ORGANIK

Authors

  • Fanny Ardiansyah Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Atika Isnaining Dyah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.41

Keywords:

mesin, pupuk, organik, rancang, bangun

Abstract

Abstrak

Terdapat banyak jenis pupuk yang dikenal masyarakat dan cara pengolahannya berbeda setiap jenisnya, oleh karena itu perlu dilakukan penanganan yang tepat. Pada penelitian kali ini dilakukan inovasi untuk membuat mesin pengaduk pupuk organik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum sehingga dapat mengelola pupuk buatan sendiri tanpa kesulitan. Langkah-langkah pembuatan produk diawali dengan pengumpulan data di lapangan, perancangan produk, pada proses tersebut dilakukan penyusunan hirarki produk, daftar tuntutan, perhitungan, pemilihan alternatif bahan, dan pembuatan gambar kerja. Langkah selanjutnya yaitu persiapan alat dan bahan, permesinan, assembly, percobaan, dan analisis. Proses pembuatan mesin pengaduk pemilihan bagian mesin diantaranya aadalah pemilihan sistem rangka menggunakan plat profil holo dan kanal c, sistem transmisi menggunakan pulley-belt dengan sabuk V belt serta gearbox, sistem tenaga menggunakan Motor bakar (Robbin), dan sistem pengaduk menggunakan mixer sumbu horizontal, berdasarkan hasil total penilaian terbanyak. Alat yang dihasilkan dapat mengaduk material pupuk dengan kapasitas 40 kg/3 menit. Uji Coba alat pertama diketahui terjadi slip pada sabuk pulley dan diganti dengan pulley 2 sisi. Pada uji coba kedua dan ketiga alat dapat beroperasi dengan baik dan mampu mengaduk 40 kg pupuk organik.

References

Wahyunto dan Ai Dariah, “Degradasi Lahan di Indonesia: Kondisi Existing, Karakteristik, dan, Penyeragaman Definisi Mendukung Gerakan Menuju Satu Peta,” J. Sumber Daya Lahan, vol. 8, no. 2, pp. 81–93, 2014.

F. Putra, Rio P. dan Baskoro, “Rancang Bangun Mesin Pembuat Pupuk Kompos Otomatis Berbasis Mikrokontroler,” Skripsi. Stikom Surabaya, 2010.

Suharto, “Pemberdayaan Petani Melalui Rancang Bangun Mesin Pembuat Pellet Kompos Kotoran Sapi,” Jur. Tek. Mesin Polines, pp. 45–50, 2019.

B. Telaumbanua, M., Sutiaeso, L., Purwantana, “Rancangan Akuator Pengendalian Iklim Mikro di Greenhouse untuk Budidaya Tanaman Sawi (Brassica rappa Var. Parachinensis L.),” Agritech, vol. 2, pp. 213–222, 2014.

Sularso, “Dasar-dasar Perencaan dan Pemilihan Elemen Mesin,” Jakarta Utara, CV. Rajawalii, 2004.

Downloads

Published

2022-09-30