ANALISIS PERBANDINGAN KNALPOT STANDART DENGAN KNALPOT RACING TERHADAP PERFORMA MESIN NINJA 250 FI TAHUN 2017

Authors

  • Zainul Ibad Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Majapahit
  • Atika Isnaining Dyah Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.4

Keywords:

performa mesin, knalpot racing, daya, torsi

Abstract

Pada zaman modern saat ini bidan industri khususnya di bidang otomotif. Di Indonesia kebutuhan akan kendaraan bermotor sangat tinggi. Sehingga menyebabkan produsen berlomba-lomba untuk memningkatkan kualitas produk yang dijualnya. Kinerja motor merupakan salah satu hal yang diperhatikan dalam kendaraan bermotor. Kinerja motor juga berpengaruh dari tipe sistem
pembuangan yaitu knalpot. Pada dasarnya penggunaan knalpot racing adalah sebagai balap motor karena knalpot racing tidak ada pengaruhnya pada sistem pembuangan oleh gas sisa dari pembakaran jadi tenaga yang di hasilkan juga sangat besar. Pada penelitian ini menungganakan motor Ninja Kawasaki 250 Full Injection. Masyarakat banyak yang tidak tahu seberapa besar
pengaruh knalpot racing terhadap performa mesin. Dengan ini peneliti meneliti terkait pengaruh pemggunaan knalpot racing terhadap performa mesin yang berupa daya dan torsi. Maka terdapat beberapa tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dalam menggunaan knalpot racing terhadap performa mesin yang dihasilkan oleh Ninja Kawasaki 250 Full Injection tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil dari peneletian ini adalah mengetahui hasil daya dan torsi yang terdapat.

References

F. X. Sukidjo. “Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium dan Pertamax”. Yogyakarta: Program Diploma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM, 34(1), hlm. 61–66, 2011

Maridjo, Y. Ika, R. Angga. “Pengaruh pemakaian bahan bakar premium, pertalite dan pertamax terhadap kinerja motor 4 tak,” Jurnal Teknik Energi, 9(1), hlm. 73–78. 2019

I. Mustain, T. Hidayat, Abdurohman. “Metode Perawatan Sistem Pelumasan Untuk Menunjang Kinerja Motor,” Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 1(1), hlm 19–26. 2019

Y. A. Winoko, H. Rarindo, B. Hertomo. "Desain dan Analisis Knalpot Berbasis Spongesteel Terhadap Gas Buang CO, HC, Daya, dan SFC Pada Mesin Sepeda Motor," Jurnal Ilmiah Teknologi FST Udana, 13(1), hlm 18. 2019.

I. K Adi dan I.N Budiarthana. “Pengaruh penggunaan resirkulator gas buang pada knalpot standar, terhadap performa mesin sepeda motor yamaha mio J,” Jurnal Logic, 17(1), hlm 44–48. 2017.

Downloads

Published

2022-09-30