ANALISIS KERUSAKAN JALAN DI RUAS JALAN DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA ( RAYA TROWULAN-JOMBANG )

Authors

  • Danar Pratama Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.36

Keywords:

kerusakan jalan Trowulan-Jombang, Pavement Condition Index(PCI), Bina Marga

Abstract

Jalan di Ruas Jalan Raya Trowulan Mojokerto-Jombang merupakan jalan penghuug antar kota yang biasa dilewati kendaran bermuatan besar dan semakin bertambahnya pengguna jalan berpengaruh pada kondisi jalan yang mengalami kerusakan dan semakin turunnya nilai layan jalan tersebut. Banyaknya kendaraan yang melewati terutama kendaraan bermuatan besar mengakibatkan jalan tersebut mengalami kerusakan dan bergelombang. Dalam penelitian ini, dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan Metode penilaian kondisi kerusakan perkerasan jalan yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI). Berdasarkan hasil analisa lerusakan yang terjadi pada Jalan Di Ruas Jalan Raya Trowulan Mojokerto-Jombang adalah retak memanjang, amblas, lubang, keriting dan Tambalan. Untuk Tongkat Kerusakan berdasar Metode PCI jalan tersebut masih tergolong baik, sedangkan menurut Bina Marga Jalan tersebut perlu dilakukannya pemeliharaan secara berkala.

References

Direktorat Jendral Bina Marga,. Manual Pemeliharaan Jalan, Yayasan Penertiban PU. Jakarta,1987.

C. Jotin Khisty dan B. Kent Hall. “Dasar-dasar Rekayasa Transportasi”. Jilid 1. Erlangga, Jakarta, 2005.

B. Haryanto. Evaluasi Kondisi Permukaan Perkerasan Lentur Berdasarkan Nilai PCI dan IRI Pada Ruas Jalan Wates Kabupaten Bantul, Tugas Akhir, (Tidak Diterbitkan). Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta, 2013.

Hobbs, Perencanaan dan Teknik Lalulintas, Gajah Mada Universitas Pressm Yogyakarta, 1995.

H.C. Hardiyanto, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press. Yogyakarta., 2007.

Peraturan Pemerintah Pekerjaan Umum RI. Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan (No. 13/PRT/M/2011). Menteri Pekerjaan Umum. Jakarta, 2011.

Downloads

Published

2022-09-30