ANALISIS RISIKO OPENSID DI DESA PLOSOBUDEN LAMONGAN

Authors

  • Sugianto Universitas Islam Majapahit
  • Erly Ekayanti Rosyida Universitas Islam Majapahit
  • Eko Sutrisno Universitas Islam Majapahit
  • Pipit Sari Puspitorini Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.35

Keywords:

OpenSID, komponen sistem informasi, risiko

Abstract

Implementasi OpenSID ditujukan untuk memberikan kemudahan pada setiap aktifitas adminstrasi di desa baik yang melibatkan masyarakat desa ataupun aktivitas administrasi pada pemerintah desa sendiri.Aktivitas administrasi tersebut dirancang untuk menjadi lebih efektif, efisien dan mudah. Efektif karena terbentuknya database masyarakat desa sehingga pemerintah desa bisa dengan mudah untuk melakukan perencanaan program. Efisien dan mudah karena layanan yang diberikan pemerintah desa jauh lebih cepat. Permasalahan yang terjadi pada implementasi OpenSID di Desa Plosobude adalah risiko penggunaan aplikasi sistem informasi terhambat baik dari pengguna aplikasi ataupun instrument aplikasi. Penelitian ini melakukan kajian analisis risiko pada OpenSID yang ditujukan untuk memberikan petunjukaatau acuan terkait risiko pada OpenSID beserta nilai risiko tersebut terjadi. Identifikasi risiko di trace berdasarkan komponen sistem informasi yang meliputi brainware, software, hardware, security dan database. Kelima komponen tersebut merupakan sumber risiko yang kemudian dari sumber risiko tersebut diidentifikasi kejadian risikonya beserta dampaknya. Tahapan selanjutnya adalah penilaian risiko dari kemungkinan terjadinya risiko tersebut beserta dampak yang diakibatkan serta penilaian risiko tersebut. Hasil nilai tersebut bisa digunakan untuk penentuan kejadian risiko yang berpotensi tinggi berdasarkan peringkatnya.

References

Gazpersz V.,2012, “All In One Management Toolbook”, PT Percetakan Penebar Swadaya, Jakarta.

Saymote, A. 2014. Develop a Village Information System (VIS) Application Using Visual Basic (VB) Programming, Internation al. Journal Computer Technology & Applications (IJCTA)

Praditya. (2014). The Untilization OF Information and Communication Technology (ITC) by Government in Rural Level. Bandung : Jurnal Penelitian Komunikasi.

Downloads

Published

2022-09-30