RANCANG BANGUN ALAT PENYAPU DEBU

Authors

  • Faisal Amirudin Universitas Islam Majapahit
  • Luthfi Hakim Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.34

Keywords:

rancang, alat, penyapu, motor

Abstract

Alat ini berfungsi membersihkan debu yang menempel diperabotan rumah tangga dan barang–barang antara lain : karpet dan ambal. Seiring berkembangnya teknologi alat penyapu debu membuat pekerjaan rumah semakin ringan, peralatan tersebut menggunakan sistem yang praktis sehingga apabila membersihkan alat penyapu debu maka sangat memudahkan dalam pengerjaan , mengefesien waktu, tenaga. Perancangan Alat penyapu debu dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: Tahap pertama adalah perancangan (desain) alat, pembuatan atau perakitan, pengujian hasil rancangan, pengamatan dan analisis data. Tahap-tahap penelitian dapat dilihat Diagram Alir Proses Pembuatan mesin penyapu debu. Dari proses alat biaya penyediaan kebutuhan-kebutuhan alat yang akan dibuat, adapun dapat diketahui meliputi hal-hal sebagai berikut: Pemilihan alat dan peralatan termasuk  spesifikasinya, Perlu diteliti pula cara perancangan dan perhitungaan alat. Berdasarkan dari hasil perancangan, pembahasan dan uraian mengenai alat penepuk debu maka dapat diambil kesimpulan Motor listrik yang digunakan adalah 1 Hp, 220 VAC, Rpm 1450V-Belt adalah jenis type A dengan panjang 550 mm atau spesifikasi V-belt A32.Perhitungan kapasitas alat penyapu debu pada karpet tersebut membutuhkan daya 0,045 kw dan 355 rpm. Rata-rata waktu membersihkan karpet dengan ukuran 6m² menggunakan alat Dimmer penyapu debu dengan kecepatan low 37 detik, medium 24 detik, dan high 20 detik.

References

Luqman Buchori, Mohamad Djaeni, Laeli Kurniasari, 2013. Upaya Peningkatan Mutu Dan Efisiensi Proses Pengeringan Jagung Dengan Mixed-Adsorbtion Driyer, Universitas Diponegoro.

Rudi Nurcahaya Rizki Pratama, 2018. Perancangan Dan Pembuatan Mesin Perontok Jagung Menggunakan Poros Engkol Dengan Kapasitas 247 Kg/Jam, Politeknik Negeri Samarinda.

Febry Nurcahyani Jihad Samantha, 2018. Analisis Proses Manufaktur Pada Mesin Pengupas Dan Perajang Singkong “CASSAVA KHULAFELUL EB14”, Institut Teknologi Adhitama Surabaya.

Agny Ulum Seprilianzah, Budihardjo Achmadi Hasyim, 2018. Analisa Mesin Pemipil Jagung Semi-Otomatis Dilengkapi Blower, Universitas Negeri Surabaya.

Zuchoiri, Muh Taufik, 2012. Proses Perancangan Mesin Perajang Singkong, Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-09-30