ANALISIS PERAWATAN MESIN UNTUK MENINGKATKAN KELANCARAN PROSES PRODUKSI PT. CELLINDO SIGMA PERKASA

Authors

  • Agus Siswantono Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit
  • Atika Isnaining Dyah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.31

Keywords:

Pemeliharaan Mesin, Probabilitas, Proses Produksi

Abstract

Cellindo Sigma Perkasa ialah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan atap fiber dan panel. kendala yang sering terjadi yaitu mesin seringkali mengalami kerusakan karena pemakaian yang rutin serta perawatan yang kurang baik ketika jumlah produksi bertambah. Tentu ini mengakibatkan terhambatnya proses produksi dan hasil produksi tidak sesuai dengan yang direncanakan. Penelitian ini bertuuan menganalisa perawatan mesin untuk meningkatkan kelancaran proses produksi pada PT. Cellindo Sigma Perkasa yang berdiri di Jl. Pasinan – Jabon, Tegalsari, Jabon, Kec. Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61364, menggunakan data kuantitatif, data primer dan sekunder. Metode yang digunakan ialah metode probabilitas yang dapat memprediksi kapan rusaknya suatu mesin akan terjadi serta bisa mengetahui waktu melakukan perawatan sehingga kerusakan pada mesin dapat diminimalkan. Hasil perhitungan dengan metode probabiltas menunjukkan jika total biaya perawatan minimum sebesar Rp 1.635.135, biaya pencegahan sebesar Rp 836.872 dan biaya kerusakan sebesar Rp. 798.263. bisa disimpulkan bahwa prosentase kelancaran proses produksi yang didapat PT. Cellindo Sigma Perkasa tahun 2021 sebesar 56,80% sebelum memakai metode dan sebesar 84,36% sesudah memakai metode, sehingga masuk kedalam kategori cukup lancar.

References

Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi (Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan),. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Destiana.T. (2011). Manajemen Operasional Strategi dan Analisa Servise dan Manufaktur.

Jakarta. Mitra Wacana Media

Maryulina, A. (2010). Analisis Pemeliharaan Mesin Produksi Pada Pt. P&P Bangkinang Di Desa Simalinyang. Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

M. Haming dan N. Mahmud. (2016). Manajemen Produksi Modren. Edisi Ketiga. Jakarta.

Penerbit Bumi Aksara

T. Hani Handoko. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE.

Downloads

Published

2022-10-01