ANALISIS PERBANDINGAN DEBIT AIR PERTALITE DAN GAS LPG PADA MESIN POMPA SAWAH

Authors

  • Mukhamad Singgih Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Luthfi Hakim Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.45

Keywords:

mesin pompa, debit air, pertalite, gas LPG

Abstract

Dalam perbandingan pengukuran debitpair menurut mesin pompa sawah perlu diketahui,telah memodifikasi mesinppompa sawah yang awalnya berbahan bakar minyak pertalite merupakan bahan bakar gas LPG melalui memodifikasi karburator pada mesin pompa sawah. Dalam perihal ini dicoba buat mengenali banyaknya air yang mengalir dalam satuan waktu pada mesin pompa sawah. Pengukuran ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan volume air dan debitpair pada mesin pompa sawah berbahan bakar pertalite dan gas LPG. Dalam penelitian ini tata cara yang digunakan merupakan eksperimental dan pengukuranpterhadap banyaknya air yangpmengalir dalam waktu 8 detik pada putaran mesin 2300 rpm. Dari hasilppenelitian yang telah dilakukan membktikan bahwa pada putaran mesin pompa 2300 rpm debitpair dengan bahan bakar pertalite memperoleh sebesar 459-466 liter/menit sedangkan pada penggunaan bahan bakar gas LPG memperoleh debit air sebesar 421-428 liter/menit. Dalam penelitian ini laju debit air lebih unggul menggunakan pertalite akan tetapi dalam konsumsi bahan bakar lebih irit menggunakan gas LPG.

References

Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2021). Analisis Debit Air Pada Mesin Pompa Air Sawah Berbahan Bakar Gas. Majamecha, 3(1), 1-10.

Aziz, M. (2013). Analisis Penggunaan Bahan Bakar Liquified Petroleum Gas (LPG) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Co Dan Hc Pada Motor Supra X 125R Tahun 2009. Nosel, 1(3), 1-10.

Kasmir, Kasmir. Analisis Pemanfaatan Pompa Air Untuk Irigasi Di Desa Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Diss. Universitas Muhammadiyah Mataram, 2019.

Downloads

Published

2022-09-30