APLIKASI PERAWAT HOMECARE BERBASIS ANDROID

Authors

  • Ilham Martin Hidayat Universitas Islam Majapahit
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Soffa Zahara Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.23

Keywords:

Perawat Homecare, Android, Aplikasi Perawat

Abstract

Perawat adalah  tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan medis kepada masyarakat. Dalam berurusan dengan pasien, seorang perawat harus beretika, karena orang yang harus dihadapi perawat  juga manusia. Perawat harus berperilaku sopan, tersenyum dan memperhatikan perasaan pasien.. Ini harus dilakukan karena perawat tugasnya membantu proses sembuhnya pasien dan bukan memperburuk keadaan. Dengan sikap dan etika yang baik diharapkannya agar seseorang perawat bisa terjalinya hubungan akrab dengan pasien dan dengan hubungan yang baik ini, maka akan terjalin sikap saling menghormati dan menghargai diantara keduanya. Salah satu pelayanan di rumah sakit adalah pelayanan rawat inap dan peran perawat yang memiliki peran penting dalam melayani pasien. Tetapi terkadang beberapa pasien tidak menginginkan rawat inap dan memilih untuk tetap di rumah agar lebih nyaman dari pada dirawat di rumah sakit. Dan permasalahan pun muncul seperti keluarga pasien maupun pasien itu sendiri tidak tahu metode perawatan orang sakit yang dilakukan sebagai contoh memasang infus membutuhkan tenaga perawat yang mengerti hal tersebut, maka mengetahui permasalahan tersebut penulis berinisiatif membuat Aplikasi Perawat Homecare berbasis Android agar orang yang membutuhkan jasa perawat bisa dengan mudah didapatkan melalui akses aplikasi.

References

Theofanidis, D. (2008). Chronic illness in childhood: psychosocial adaptation and nursing support for the child and family. Health Science Journal, (2), hlm. 1–9

Bond, A., Hacking, A., Milosevic, Z., & Zander, A. (2013). Computer standards & interfaces specifying and building interoperable ehealth systems. Computer Standards & Interfaces, 35 (3), hlm. 313–328. https://doi.org/10.1016/j.csi.[ 1 Januari 2011].

Setiawan, D., & Heryandi, A. (2019). PEMBANGUNAN APLIKASI HOME CARE ONLINE DI KABUPATEN Teknik Informatika-Universitas Komputer Indonesia. Teknik Informatika-Universitas Komputer Indonesia, 112, hlm. 1–8.

Slametiningsih, S., Yunitri, N., Hendra, H., & Nuraenah, N. (2021). Rancang Bangun Applikasi Telenursing Me-Co Care Berbasis Mobile Dalam Pelayanan Keperawatan Jiwa Komunitas. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(2), hlm. 63.

Efendi, D., & Sari, D. (2017). Aplikasi Mobile–Health sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Anak dengan Penyakit Kronis pada Setting Home Hospital. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), hlm. 1–8.

Marsela, P., & Wahyuningrum, I. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Pasien Pada Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid Palembang Menggunakan Metode Prototype.hlm. 1–7.

Koerniawan, D., Daeli, N. E., & Srimiyati, S. (2020). Aplikasi Standar Proses Keperawatan: Diagnosis, Outcome, dan Intervensi pada Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), hlm. 739–751.

Ardiantoro, L. and Rohmah, M. F. (2019) “Komputerisasi Untuk Peningkatan Layanan Nasabah Pada Bank Sampah Gaposi Sejahter Mojokerto”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), pp. 69-78. doi: 10.30656/ps2pm.v1i2.1720.

Downloads

Published

2022-09-29