IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PADA DIVISI INVENTORY CONTROL

Authors

  • Achmad Andra Setiyawan Mahasiswa
  • Erly Ekayanti Rosyida Universitas Islam Majapahit
  • Mohammad Muslimin Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.213

Keywords:

Enterprise Risk Management (ERM), Managemen Risiko, severity index, mitigasi

Abstract

Didalam ISO:31000-2018 manajemen risiko, aktivitas terorganisasi yang dilakukan untuk mengarahkan dan mengelola organisasi dalam menangani risiko . Proses yang dilakukan dalam pelaksanaan rantai pasokan hingga pelaksanaan penerimaan material menentukan Identifikasi Risiko, Analisis Risiko, Evaluasi risiko dan Pengembangan Strategi. Potensi kejadian terdapat 10 penyebab risk event dengan tingkat risiko berbeda yaitu pada tingkat avoidance terdapat 3 risiko,tingkat medium 6 risiko dan tingkat low terdapat 1 risiko..Pengolahan data penelitian ini menggunakan Enterprise Risk Management (ERM) dengan urutan penyelesaian analisis risiko, Evaluasi risiko, mitigasi risiko. bagian mitigasi risiko menjabarkan hasil penentuan strategi mitigasi risiko melalui konsep ERM dan pemetaan matriks, penentuan prioritas risiko yang dimitigasi merancang aspek teknis implementasi mitigasi risiko prioritas.Hasil pemetaan Risk map yang ditunjukan telah disusun berdasarkan katagori paling tinggi sampai katagori paling rendah, terdapat 3 jenis risiko katagori high Risk, 6 jenis risiko katagori medium Risk dan 1 jenis risiko katagori low Risk. 3 tingkat risiko high risk berdasarkan urutan tertinggi yaitu risiko pada kode (E5) nilai sebesar 25, (E6) nilai sebesar 20, (E9) nilai sebesar 16. Rencana aksi mitigasi melalui perumusan respon risiko dengan Prioritas mitigasi dilakukan pada 10  sumber risiko dan memiliki 3 risiko dominan yang perlu mendapatkan respon khusus dengan cara avoidance dengan dilakukan  konsep strategi aksi mitigasi risiko yang diprioritaskan untuk mengatasi sumber risiko yang terdapat di PT X

References

H. Deddy, “Jurnal Adminika,” PENERAPAN MANAJEMEN RESIKO (RISK MANAGEMENT) DENGAN PENDEKATAN ISO 31000:2018 DALAM PELAKSANAAN STRATEGI PERUSAHAAN, p. 59, 2022.

M. K. Ahmed , M. Ibrahim dan A. Ysory , “Alexandria Engineering Journal,” Special studies in management of construction project risks, risk concept, plan building, risk quantitative and qualitative analysis, risk response trategies, pp. 1-9, 2017.

R. Ryan , H. Natalia dan Laurence, “JOURNAL OF INTEGRATED SYSTEM,” Case Study Mitigation of Supply Chain with Integration of House of Risk and Fuzzy, pp. 1-16, 2016.

W. Chuanyi , C. Zhe dan G. Y. Xiao-Guang Yue, “Journal of Risk and Financial Management,” Risk Management of COVID-19 by Universities in China, pp. 1-6, 2020.

Iswajuni, S. Soegeng dan M. Arina , “JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING,” PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK, pp. 1-7, 2018.

Downloads

Published

2023-09-25