PERENCANAAN JARINGAN IRIGASI AIR TANAH DI DESA BERATWETAN KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Ahsanal Mufarrij Annafi' Universitas Islam Majapahit
  • Erna Tri Asmorowati Universitas Islam Majapahit
  • Diah Sarasanty Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.210

Keywords:

Sumur bor, Air tanah, Jaringan irigasi

Abstract

Jaringan irigasi air tanah adalah usaha pengambilan air dari bawah permukaan tanah (mengangkat/memindahkan air dari tempat yang lebih rendah ke tempat yg lebih tinggi) dengan bantuan pompa air, sehingga dapat mendistribusikan air untuk keperluan irigasi. Tujuan irigasi secara langsung adalah membasahi tanah agar dicapai suatu kondisi tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Perencanaan jaringan air tanah ini dimulai dengan merencanakan luasan daerah yang diairi berdasarkan pola tata tanam, menganalisis curah hujan efektif, menghitung debit aliran setiap blok lahan yang dialiri, , dan yang terakhir adalah desain rumah pompa bagi sumur Pompa yang telah direncanakan. Hasil perencanaan yang diperoleh adalah sebuah lahan pertanian dengan luas 15,60 ha yang dibagi menjadi 27 petak dan 27 titik outlet. Debit yang yang diperlukan oleh seluruh lahan pertanian adalah sebesar 6,88 m3/det. Dalam pendistribusian dari sumur air tanah ke reservoir menggunakan pipa PVC 3 inci dengan panjang pipa 323,38 meter, sedangkan pendistribusian air dari reservoir menuju lahan dengan menggunakan jaringan yang sudah ada.

 

References

D. Program et al., “Gambar 1 . Peta Administrasi Wilayah Kab . Sumbawa ( Bappeda , SDA Spasial Kab . Sumbawa : 2014 ) Gambar 2 . Peta Topografi Kab . Sumbawa ( Bappeda , Sumber Daya Alam Spasial Kab . Sumbawa : 2014 ),” vol. 2, pp. 15–24, 2017.

A. M. ANNAFI’, “ PERENCANAAN JARINGAN IRIGASI AIR TANAH DI DESA BERAT WETAN KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO ” TUGAS AKHIR oleh : AHSANAL MUFARRIJ ANNAFI ’ UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT. 2023.

M. I. Yekti et al., “PERENCANAAN JARINGAN IRIGASI AIR TANAH DESA PENYARINGAN THE DESIGN NETWORK OF GROUNDWATER IRRIGATON OF PENYARINGAN VILLAGE MENDOYO SUBDISTRICT JEMBRANA REGENCY,” pp. 43–52.

Downloads

Published

2023-09-26