ANALISA PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN BUILDING TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA BANGUNAN GEDUNG DI MOJOKERTO

Authors

  • Nico Dian Permana Universitas Islam Majapahit
  • Erna Tri Asmorowati Universitas Islam Majapahit
  • Diah Sarasanty Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.207

Keywords:

Green Building, Keputusan Investasi, Perkuliahan

Abstract

Green building dianggap sebagai solusi dalam rangka mengurangi dampak negatif bangunan pada lingkungan. Di Indonesia, penerapan green building masih berjalan lambat. Banyak orang meyakini bahwa membangun bangunan hijau memerlukan harga awal yang tinggi. Meskipun demikian, upaya demi menerapkan prinsip bangunan hijau harus terus didorong agar para pengembang dapat memasukkan prinsip-prinsip ini dalam perencanaan pembangunan mereka. Pengembang perlu memiliki landasan yang kuat untuk menilai apakah mengadopsi konsep green building membuktikan bahwa ini adalah pilihan investasi yang cerdas.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang memiliki dampak paling signifikan dalam pelaksanaan konsep green building dalam keputusan investasi pada bangunan gedung perkuliahan. Hasil analisis dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa salah satu konsep green building yang sangat berpengaruh terhadap investasi adalah "Pemasangan Biofilter" yang digunakan untuk mengelola memanfaatkan mikroorganisme untuk mengolah air kotor atau limbah. sehingga dapat diolah menjadi air bersih yang dapat digunakan kembali. Selanjutnya, dengan menggunakan metode NPV (Net Present Value), diperhitungkan bahwa proyek dengan masa pakai selama 5 tahun ke depan menghasilkan hasil positif, yang menunjukkan bahwa penerapan konsep green building adalah keputusan investasi yang dapat diterima.

References

W. Setioko et al., “Green Building Terhadap Keputusan Investasi Surabaya Analysis Factors of Influence Green Building Concept ’ S Application To the Investment Decisions of Residential Property,” 2017.

R. M. Putra, M. A. Wibowo, D. T. Sipil, F. Teknik, and U. Diponegoro, “APLIKASI GREEN BUILDING BERDASARKAN METODE,” 2011.

A. Putri and A. Rohman, “Penilaian Kriteria Green Building Pada Gedung Teknik Sipil ITS,” J. Tek. ITS, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 1AD.

C. Andini, R dan Utomo, “Analisa Pengaruh Penerapan Konsep Green Building Terhadap Keputusan Investasi pada National Hospital Surabaya,” J. Tek. Pomits, vol. 3, no. 2, pp. 1–5, 2014.

Downloads

Published

2023-09-27