ANALISIS PERBANDINGAN KARBURATOR STANDART DENGAN KARBURATOR VARIASI (PE28) TERHADAP TORSI PADA MESIN SEPEDA MOTOR SUPRA X 125
DOI:
https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.179Keywords:
Perbedaan karburator, Performance mesinAbstract
Seiring perkembangan zaman modern sekarang terdapat banyak macam-macam karburator variasi yang diatur untuk memperlancar pemasukan campuran bahan bakar ke dalam silinder. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil dari perbedaan pada karburator standart dengan karburator variasi yang akan dilakukan pengujian dengan menggunakan dynamometer chasis, dimana torsi dan daya didapat dari roda belakang. Pengujian ekperimen ini dilakukan dengan beban tetap, data di dapat dari rol yang diputar roda listrik, dan data diambil dari rpm 4000, 6000, 8000 dan 9000,. Hasil pengujian pada dynamometer bertujuan untuk mengetahui torsi. Hasil pengujian karburator variasi memiliki torsi dan daya yang lebih tinggi pada putaran mesin Karburator variasi menghasilkan torsi sebesar 11,73 Nm pada putaran mesin awal 4000 rpm dan pada putaran mesin akhir pada 9000 rpm diperoleh torsi 4,90 Nm, sedangkan karburator standart menghasilkan torsi sebesar 9,54 Nm pada putaran awal 4000 rpm dan pada putaran mesin akhir 9000 rpm didapat torsi 5,28 Nm.
References
Denfi Efendri & Herry Wardono(2014). “Pengaruh variasi jenis air dan kondisi aktivitasi dari absorben fly ash batu bara terhadap prestasi mesin dan kandungan emisi gas buang sepeda motor karburator 4-langkah”.
EKO, B. P. (2019). ANALISA EFEK PERUBAHAN VENTURI KARBURATOR TERHADAP PERFORMANCE MESIN PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA VEGA(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
HERMAWAN EFFENDI (2018). PENGARUH VARIASI JENIS KARBURATOR DAN JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR 125 CC.
Lailam Qadarul Harahap, Junaidi (2022). ANALISA PERFORMA HONDA SUPRA X 125 MENGGUNAKAN KARBURATOR STANDART DAN KARBURATOR RACING BERBAHAN BAKAR PERTALITE.