APLIKASI PEMBELAJARAN MENGAJI MENGGUNAKAN METODE ADZ DZIKR BERBASIS ANDROID

Authors

  • Mohammad Fathur Roziq Universitas Islam Majapahit
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Yanuarini Nur Sukmaningtyas Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.17

Keywords:

belajar mengaji, google speech, media interaktif, speech recognition

Abstract

Metode pembelajaran membaca Al Qur’an pada umat Islam belakangan ini sangat beragam dan bertumbuh pesat di masyarakat. Setiap metode dikembangkan berdasarkan karakteristiknya sendiri dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, salah satunya metode adz dzikr. Metode pembelajaran Adz Dzikr adalah sebuah tata cara untuk belajar membaca Al-Qur'an yang disusun oleh Tim Lembaga Pendidikan Ma'arif kota Mojokerto. Pada kondisi saat ini yang dialami oleh santriwan santriwati dalam proses belajar mengaji hanya pada waktu mengaji saja, dikarenakan ketika belajar di rumah mengalami kesulitan dan tidak ada guru pendampingnya. Disamping itu dampak dari pesatnya teknologi yang cukup berkembang saat ini santriwan santriwati lebih senang bermain menggunakan smartphone dari pada belajar, terutama belajar mengaji. Dalam proses belajar agar tidak mudah membosankan maka perlu adanya media yang menarik dan interaktif, salah satunya inovasi tersebut adalah media pembelajaran yang berbasis aplikasi android dengan menggunakan suara. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Aplikasi Pembelajaran Mengaji Dengan Metode Adz Dzikr Berbasis Android. Aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan santriwan santriwati dalam proses belajar mengaji, menjadikan pembelajaran tersebut lebih menarik, dan dapat menjadikan media belajar ketika di rumah. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam pengembangan aplikasi. Berdasarkan hasil kuesioner aplikasi ini menarik untuk dimainkan dengan persentase tertinggi mencapai 92,68%, dapat meningkatkan minat belajar mengaji dengan persentase 92,12%, mudah dimainkan 81,95%, desain menarik 80%, dan persentase untuk kepuasan keseluruhan aplikasi yang diperoleh mencapai 75,60%.

References

J. G. S. Km, “Pengembangan Media Pembelajaran Metode Ummi Berbasis Android Pada Jilid 1 Pokok Pembahasan Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Sekolah Dasar Islam Aqzia Teluk Kuantan,” vol. 4, no. 1, p. 6, 2021.

A. E. Budianto and M. Iksan, “Penerapan Metode Object Oriented Untuk Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Google Speech Berbasis Android,” p. 10, 2016.

W. Meisel, “‘Life on-the-Go’: The Role of Speech Technology in Mobile Applications,” in Advances in Speech Recognition, A. Neustein, Ed. Boston, MA: Springer US, 2010, pp. 3–18. doi: 10.1007/978-1-4419-5951-5_1.

A. Y. Santoso, R. M. Akbar, and Y. N. Sukmaningtyas, “Penerapan Teknologi Webvr Untuk Pengenalan Kampus,” p. 7.

N. Balafif, L. Ardiantoro, and Z. Muttaqin, “Digitalisasi Administrasi Surat Perintah Tugas (SPT) untuk Mendukung Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur,” SBT, vol. 2, no. 2, pp. 10–16, Jun. 2022, doi: 10.36815/submit.v2i2.1909.

Downloads

Published

2022-09-30