OPTIMASI PENGIRIMAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MILK-RUN DI PT. MOJOTRAS

Authors

  • Miftachul Rozzi Universitas Islam Majapahit
  • Erly Ekayanti Rosyida Universitas Islam Majapahit
  • Pipit Sari Puspitorini Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.161

Keywords:

Milk-run, Vehicle Routing Problem, Saving Matrix, Distribusi

Abstract

PT. MOJOTRAS di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik menggunakan metode Milk-run. Metode ini memanfaatkan data permintaan pelanggan, jarak antar lokasi, dan kapasitas kendaraan sebagai acuan untuk mengoptimalkan supply chain perusahaan. Dalam penelitian ini, metode Milk-run ditambahkan sebagai solusi optimal dalam mengatasi kurangnya optimalisasi biaya pengiriman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Milk-run memungkinkan pembagian kompartemen pada kapasitas truk untuk 4 tujuan setiap destinasi. Setiap pembagian kompartemen disesuaikan menurut data permintaan, dengan batasan kompartemennya berisi 105 pcs untuk kardus kemasan air mineral gelas, 105 pcs untuk produk air mineral kemasan 330 ml, 105 pcs untuk botol 600 ml, dan 105 pcs untuk botol 1500 ml. Jadi sebagai batas kapasitas rata-rata truk CDD wingbox adalah 420 pcs.

References

G. G. Rachman and K. Yuningsih, “Pengaruh Biaya Distribusi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan (Studi Pada Sari Intan Manunggal Knitting Bandung),” J. Ris. Akunt. Dan Bisnis, vol. 10, no. September 2010, pp. 151–175, 2016.

S. Padmantyo and A. Saputra, “Peranan manajemen rantai pasokan terhadap kualitas produk dan efisiensi distribusi,” Pros. dalam Semin. Peran Profesi Akunt. Dalam Penanggulangan Korupsi, no. Seminar Nasional dan The 4th Call for Syariah Paper, pp. 191–197, 2017.

N. Dahlesti, M. N. Ardiansyah, P. Giri, and A. Kusuma, “PERANCANGAN PENDISTRIBUSIAN PRODUK PT XYZ DENGAN ARMADA SINGLE -KOMPARTEMEN UNTUK MENINGKATKAN UTILITAS PENGGUNAAN ARMADA MENGGUNAKAN METODE MIXED-INTEGER LINEAR PROGRAMMING ( STUDI KASUS : PT XYZ ) DESIGN OF PT XYZ ’ S PRODUCT DISTRIBUTION WITH SINGLE- C,” vol. 8, no. 5, pp. 7752–7766, 2021.

L. Muyldermans and G. Pang, “A guided local search procedure for the multi-compartment capacitated arc routing problem,” Comput. Oper. Res., vol. 37, no. 9, pp. 1662–1673, 2010, doi: 10.1016/j.cor.2009.12.014.

E. B. Nontawat Muanpaopong, Rajesh Davé, “Impact of ball size distribution, compartment configuration, and classifying liner on cement particle size in a continuous ball mill,” ISSN 0892-6875, vol. 189, 2022.

M. Frank, M. Ostermeier, A. Holzapfel, A. Hübner, and H. Kuhn, “Optimizing routing and delivery patterns with multi-compartment vehicles,” Eur. J. Oper. Res., vol. 293, no. 2, pp. 495–510, 2021, doi: 10.1016/j.ejor.2020.12.033.

M. Ostermeier, T. Henke, A. Hübner, and G. Wäscher, “Multi-compartment vehicle routing problems: State-of-the-art, modeling framework and future directions,” Eur. J. Oper. Res., vol. 292, no. 3, pp. 799–817, 2021, doi: 10.1016/j.ejor.2020.11.009.

I. Kaabachi, H. Yahyaoui, S. Krichen, and A. Dekdouk, “Measuring and evaluating hybrid metaheuristics for solving the multi-compartment vehicle routing problem,” Meas. J. Int. Meas. Confed., vol. 141, pp. 407–419, 2019, doi: 10.1016/j.measurement.2019.04.019.

D. P. M. B. Patel, “Optimization Approach of Vehicle Routing By a Milk-Run Material Supply System,” vol. 1, no. 6, pp. 7–10, 2013.

H. Mei, Y. Jingshuai, M. Teng, L. Xiuli, and W. Ting, “The Modeling of Milk-run Vehicle Routing Problem Based on Improved C-W Algorithm that Joined Time Window,” Transp. Res. Procedia, vol. 25, pp. 716–728, 2017, doi: 10.1016/j.trpro.2017.05.453.

G. S. Brar and G. Saini, “Milk run logistics: Literature review and directions,” Proc. World Congr. Eng. 2011, WCE 2011, vol. 1, pp. 797–801, 2011.

Downloads

Published

2023-09-23