SISTEM INFORMASI KEHADIRAN PEGAWAI LSA MOJOKERTO DI PT. BANK MEGA SYARIAH

Authors

  • Firda Agustin Firda Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.149

Keywords:

LSA, sistem informasi kehadiran, bank

Abstract

Sistem Absensi Karyawan LSA merupakan sebuah sistem absensi yang digunakan untuk mengolah data masuk dan pulang kerja karyawan. Umumnya absensi karyawan memiliki fitur masuk, pulang, pengajuan cuti, pengajuan izin, dan pengajuan dinas luar. Penelitian ini mengembangkan sistem informasi absensi karyawan yang di fokuskan untuk pegawai Layanan satu atap dengan lokasi kerja jauh dari kantor cabang. Sebuah sistem yang melengkapi pengolahan data karyawan seperti data karyawan, data, lokasi kerja, data pengajuan cuti, data, pengajuan izin, data pengajuan dinas luar, dan data absensi karyawan dengan tiga akses pengguna yaitu user karyawan, user admin, dan user kepala bagian. Peracangan sistem ini meliputi pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem dan implementasi, yang terakhir pengujian dan evaluasi sistem. Pada implementasi sistem penulis menyediakan Blackbox sebagai media untuk menyajikan hasil running sistem. Sedangkan dalam pengukuran tingkat keberhasilan Absensi Kayawan hasil penelitian ini memanfaatkan Google Form dengan berbagai macam reponden baik dari latar belakang usia dan status kerjanya. Pertanyaan pada kuesioner terdiri dari 5 pertanyaan dengan pilihan jawaban 2 macam jawaban yakni sangat baik dan baik. Masing-masing diberikan bobot yang berbeda yakni 5,4,3,2,1. Nilai tertinggi dengan prosentasi 80%-100% untuk jawaban sangat baik, dengan prosentasi 50%- 79% untuk jawaban kategori baik. Berdasarkan hasil kuesioner dengan 30 responden membuktikan bahwa sistem absensi karyawan LSA yang dibentuk mencapai tingkat kepuasan penggunanya sebesar 79%. hal ini disimpulkan bahwa sistem absensi karyawan LSA dapat digunakan untuk pegawai LSA secara optimal.

References

Arfah Arfina Anggita Suwardoyo. “Aplikasi Absensi Karyawan Menggunakan Geolocation dan Finger Print Berbasis Android” .Jurnal Sintaks Logika, 2(2), 2022.

Febriandirza. “Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin”. Pseuudocode, 7(2), hlmn 123-133, 2020.

Pulungan. A. “ Perancangan Aplikasi Absensi Menggunakan QR Code Berbasis Android”. Jurnal FTIK, 01(01), hlmn 1063-1074, 2020.

Sammir. Haddad. “Perancangan Aplikasi Absensi Online Berbasis Geolocation”. Jurnal J-Click: Jurnal Sistem Informasi ddan Managemen Informatika, 08(02), hlmn 89-93,2021.

Setiawan, P.R. “Aplikasi Absensi Online Berbasis Android”. IT Journal Research and Development, 5(1), hlmn 63-71,2020.

Setiyani, L. “Pemodelan dan Perancangan Aplikasi Manajemen Presensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Mobile Android”. Faktor Exacta, 12(1), 40–50, 2019.

Setiyati Ninin, Anam Choirul. “Penerapan Absensi Share Location Terhadap Disiplin Kinerja aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Jombang”. National Conference Multidiciplinary, 01(01), hlmn 426, 2021.

Tresnawati Shandy, Pratama Alfian. “Aplikasi Absensi Dengan Metode Geolocation Berbasis Web (Stdi Kasus: PT. Codepolitan Integrasi Indonesia)”. Journal Informatics And Engineering, 01(02), hlmn 49-53, 2021.

Published

2023-09-20