PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA APLIKASI INVENTORY BERBASIS WEB

Authors

  • Fitria Nur Wahidah Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.147

Keywords:

CodeIgniter, QR Code, Blackbox, Economic Order Quantity (EOQ)

Abstract

Kemajuan teknologi memungkinkan manusia menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Persediaan barang dagang menjadi krusial dalam jual beli perusahaan dagang, namun seringkali mengalami masalah pengelolaan persediaan yang kurang baik. PT. Surya Citra Utama Mandiri menghadapi masalah keterlambatan dan kesulitan pencarian stok barang di Gudang Parsial (Gudang 2). Solusi yang diusulkan adalah menggunakan teknologi QR code untuk memudahkan karyawan mencari barang dan menyimpan informasi terkait produk. Penelitian ini menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk mengatasi habisnya stok bahan baku dan mengetahui kapan harus memesan kembali. Reorder Point (ROP) digunakan untuk menghitung waktu pemesanan barang kembali. Aplikasi Inventory berbasis Web dibuat untuk memberikan gambaran inventaris secara jelas dan akurat serta mempermudah karyawan. Aplikasi akan diuji menggunakan pengujian blackbox yang mencakup tombol dan fungsi tombol, diharapkan hasilnya sesuai dengan fungsinya. Pengujian kuisioner dengan 10 responden juga akan dilakukan, dengan target tingkat keberhasilan rata-rata responden sebesar 85%..

References

T. Pradana, “Rancang Bangun Sistem Inventory Stock Dengan Menggunakan Qr Code ( Studi Kasus Di Pt . Deerfos,” pp. 101-108, 2021.

N. Roman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Barang pada Master Dealer CV . Orbit Techno Regional Sentral Sumatra ( Font menggunakan Times point spasi tunggal ) Syahisro Mirajdandi Agariadne Dwinggo Samala P - ISSN : 2302-3295,” p. 4, 2021.

E. K. Putra, “Perancangan Aplikasi Inventory Barang Dengan QR Code Berbasis Android Pada Minimarket,” Jurnal Fasilkom, pp. 160-164, 2022.

N. Nursafi'at, “Penerapan Economic Order Quantity pada Aplikasi Inventory Air Mineral “mokesa”,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, pp. 17-22, 2020.

H. Agusvianto, “Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus : PT.Alaisys Sidoarjo,” Journal of Information Engineering and Educational Technology, p. 40, 2017.

Y. Kusuma, “Sistem Informasi Inventory Menggunakan Qr Code Dengan Metode Prototype,” Remik, 2020.

N. A. Ramdhan, “Rancang Bangun Dan Implementasi Sistem Informasi Skripsi Oline Berbasis WEB,” Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, pp. 1-12, 2019.

A. Rahman, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI INVENTORY ITEMS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER Auliya,” Al Ulum Jurnal Sains Dan Teknologi, pp. 35-38, 2016.

G. P. Pinatih, “Rancang Bangun Inventory System Menggunakan Model Waterfall Berbasis Website,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), pp. 504-519, 2022.

Downloads

Published

2023-09-19