PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA E-CATALOGUE KEMASAN DI CV. ZONA GRAFIKA MULTIKARYA

Authors

  • Siti Fatimatul Azizah Teknik Informatika
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.142

Keywords:

E-Catalogue, Augmented Reality, 3d, Pemasaran, Kemasan

Abstract

Kemajuan dan perkembangan teknologi di bidang industri pada era ini khususnya pada bidang pemasaran dan promosi mendorong semakin banyaknya perusahaan berusaha lebih keras untuk membuat kreativitas dan inovasi yang lebih baru sebagai media promosi. Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan antara objek gambar dan menjadikannya objek 3 dimensi dengan menggunakan marker sehingga dapat diaplikasikan pada katalog sebagai petunjuk informasi produk untuk customer yang akan melakukan pembelian. Aplikasi Augmented Reality tersebut dapat menampilkan objek 3 dimensi sekaligus informasi dari berbagai jenis kemasan seperti standing pouch, center seal, can, dus, bag, bottle dan cup. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mengedukasi customer mengenai berbagai jenis kemasan dengan berbagai spesifikasinya serta menarik minat customer untuk membeli berbagai produk packaging yang ditawarkan melalui media promosi E-Catalogue. Berdasarkan hasil pengujian black box menyatakan bahwa  system aplikasi berjalan secara baik sesuai dengan yang diharapkan.

References

A. F. M. I. M.Khoirul Fikri, “Pengaruh Kreatif, Inovasi dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Beli Konsumen,” JURNAL JIMEK, p. 119, 2022.

B. D. G. &. S. Ailawadi, “Communication and promotion decisions in retailing: A review and directions for future research,” Journal of Retailing, pp. 42-55, 2009.

F. A. I. I. &. F. F. Bukit, “Pembuatan webiste katalog produk umkm untuk pengembangan pemasaran dan promosi produk kuliner.,” JPPM (Journal Pengabdian Dan PEmberdayaan Masyarakat), pp. 179-189, 2019.

D. D. G. A. I. &. N. M. Falah, “Perancangan Aktifitas Pemasaran UMKM Percetakan melalui media katalog,” Eqien : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, pp. 48-56, 2021.

C. A. S. I. P. I Ketut Gede Darma Putra, “Penerapan Augmented Reality dalam Visualisasi Katalog Apartemen Berbasis Android,” Jurnal Merpati, 2018.

S. Wardani, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk pengenalan aksara jawa pada anak,” Jurnal Teknologi, 2015.

A. D. Setyawan, “Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah,” Jurnal Simetris, p. Vol 7 No.1, 2016.

T. A. R. Y. Andhika Alfino Abbas, “Implemenitasi Teknologi Augmented Reality Menggunakan Magic Book Sebagai Media Pemasaran Produk Berbasis Android,” 2021.

I. K. g. D. P. I. P. A. D. Citra Arum Sari, “Penerapan Augmented Reality Dalam Visualisasi Katalog Apartemen Berbasis Android,” 2018.

W. W. &. n. P. v. Keep, “Multilevel marketing and pyramid schemes in the United States,” Journal of Historical Research in marketing, pp. 188-210, 2014.

L. P. A. &. D. S. Magnifera, “Efektifitas Katalog sebagai media promosi bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Sragen,” Benefit : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, pp. 43-47, 2016.

A. Rachman Arief, Pengantar ilmu perhotelan & Restoran, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

L. &. Soedjarwo, Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SENSITEK), vol. 12, 2018.

Downloads

Published

2023-09-20