SISTEM CHATBOT DI UPT PUSKESMAS GAYAMAN

Authors

  • Rizki Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit
  • Sugianto Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.14

Keywords:

Pelayanan Online, Chatbot, Kecerdasan Buatan, UPT Puskesmas Gayaman

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah menjadikan sektor kesehatan sebagai salah satu dari 10 industri teratas yang menerapkan kecerdasan buatan antara 2018 dan 2025. Salah satu aplikasi kecerdasan buatan adalah chatbots. Seiring dengan penggunaan media sosial seperti Instagram, chatbot menjadi trending karena lebih mudah dan menguntungkan. Hal ini menjadi peluang bagi dunia kesehatan seperti UPT Puskesmas   Gayaman   untuk   menerapkan   sistem   chatbot   dalam   pelayanannya,   calon   pasien   yang membutuhkan informasi harus datang ke lokasi dan menanyakan kepada petugas UPT Puskesmas Gayaman yang ada. Dalam studi ini, kami mengembangkan chatbot untuk membantu pasien dengan cepat mendapatkan informasi  yang mereka butuhkan menggunakan  pemrosesan  bahasa alami,  metode yang  memungkinkan interaksi bahasa alami antara komputer dan manusia. Hasil yang diperoleh adalah chatbot mampu menjawab pertanyaan yang diajukan tentang informasi tentang pelayanan kesehatan di Puskesmas Gayaman. Pengujian menggunakan metode black box test menunjukkan chatbot mampu merespon sesuai rencana. Berdasarkan hasil kepuasan pengguna system chatbot di UPT Puskesmas Gayaman  Kabupaten Mojokerto, nilai sangat baik terdapat pada aspek interface mendapat presentase tertinggi, yaitu 93%. Sedangkan aspek media mendapat presentase 92%, lalu aspek umum mendapat presentase 93%.

References

E. Wijaya and P. Pebriantara, “Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran dengan Memanfaatkan Chatbot API Dialogflow dan Moodle Berbasis Android Pada SMA IT ALIA Tangerang,” is Best Account. Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp. this is link OJS us, vol. 3, no. 2, pp. 328–335, 2018, doi: 10.34010/aisthebest.v3i2.1522.

A. Iswandi, “Implementasi Chatbot Pada Order Management,” Implementasi Chatbot Pada Order Manag. Syst. Usaha Mikro Kecil Menengah, p. 105, 2018, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5460

M. Kuliah and P. Visual, “Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang,” 2016.

R. Wijanarko and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Media Informasi Parenting Pola Asuh Anak Menggunakan Line,” Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.31940/matrix.v10i1.1805.

Moch. Aziz, Mimin Fatchiyatur, Sugianto 27 Juni 2022 Sistem Prediksi Planned Maintenance Studi Kasus di Pt.Indoharvest Spice. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains, Vol. 2 No. 2 (2022) 68-74. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/submit

Yudha Pratama, Luki Ardiantoro, Sugianto 31 Desember 2021. Aplikasi Quality Control Berbasis Web Pada Divisi Truss Di Pt.Kepuh Kencana Arum. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains. Vol. 2 No. 1 (2022) 8-15. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/submit

Downloads

Published

2022-09-30