PERANCANGAN GAME EDUKASI SIDE SCROLLING DAN PUZZLE SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT DENGAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2
DOI:
https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.133Keywords:
Game Edukasi, Kerajaan Majapahit, MDLC, Construct 2Abstract
Game edukasi merupakan jenis permainan atau aplikasi interaktif yang dirancang khusus untuk tujuan pendidikan. Game edukasi memiliki peran penting dalam mengajarkan pemain tentang konsep, keterampilan, atau pengetahuan melalui pengalaman bermain yang interaktif. Salah satu topik yang menarik untuk dieksplorasi adalah sejarah Kerajaan Majapahit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat anak dalam mempelajari dan mengetahui tentang sejarah Kerajaan Majapahit. Penelitian ini menerapkan metode MDLC (Model Developmental Learning Cycle) sebagai pendekatan pengembangan game edukasi untuk memastikan proses pengajaran yang efektif dan interaktif dan perancangan sistem menggunakan game engine construct 2, construct 2 sendiri merupakan sebuah software pengembangan permaianan yang berbasis html 5. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menciptakan sebuah game edukasi yang menarik, interaktif, dan efektif dalam membantu pemain memahami sejarah berdirinya Kerajaan Majapahir, mengenal raja dan ratu yang pernah menduduki tahta Kerajaan Majapahit serta mengenal situs – situs peninggalan kerajaan Majapahit..
References
B. K. Majapahit, “PEMBUATAN MOTION COMIC CERITA SEJARAH AWAL BERDIRINYA KERAJAAN MAJAPAHIT Djojo Sugiarto Tandyono,” vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2014.
A. Inajati, Majapahit: Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota. 2014.
S. Sintaro, “Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 51–57, 2020, doi: 10.33365/jatika.v1i1.153.
L. L. Dias, J. Enstein, and G. A. Manu, “Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia menggunakan Aplikasi Construct 2 berbasis Android,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 27–34, 2021, doi: 10.37792/jukanti.v4i1.233.
F. Y. Al Irsyadi, R. Annas, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,” J. Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 2, pp. 78–92, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1844.
A. Setiawan, H. Praherdhiono, and S. Suthoni, “Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 39–44, 2019, doi: 10.17977/um031v6i12019p039.
Jada Ario Yustin, Herry sujaini, and M. Azhar Irwansyah, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2016.
C. Agustina and T. Wahyudi, “Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.
N. I. Widiastuti, “Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 41–48, 2012, doi: 10.34010/komputa.v1i2.60.
Y. I. Kurniawan, D. P. Paramesvari, and W. H. Purnomo, “Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Penelit. Inov., vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2021, doi: 10.54082/jupin.6.