PENGEMBANGAN GAME QUIZ ADVENTURE UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Authors

  • Gatra Cahya Ramadhan Universitas Islam Majapahit
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.132

Keywords:

construct 2, game edukasi, android, media belajar, MDLC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah game edukasi berbasis android untuk mendukung pembelajaran siswa sekolah dasar. Dalam era ini, anak-anak cenderung lebih tertarik bermain game daripada belajar, yang berdampak negatif pada motivasi belajar mereka karena ketergantungan pada game. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menciptakan solusi dengan game edukasi sebagai media belajar alternatif bagi anak-anak. Game ini dibangun menggunakan Construct 2 dan metode penelitian MDLC (Multimedia Development Lite Cycle). Game edukasi ini mengadopsi konsep penguatan belajar melalui soal-soal kuis menantang. Tingkat kesulitan dapat disesuaikan, mulai dari mudah hingga sulit, sambil menyuguhkan petualangan yang menarik untuk menarik minat anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game "Quiz Adventure" efektif sebagai alternatif media belajar. Mayoritas pengguna merasa tertarik dan nyaman bermain game ini, serta menilai game ini sangat baik sebagai alternatif belajar. Sebagian besar dari mereka ingin memainkannya lagi, dan tingkat kepuasan pengguna juga tinggi. Dengan hasil uji coba yang memuaskan, game edukasi ini layak dijadikan media belajar alternatif bagi anak-anak. Penggunaan game ini dapat meningkatkan minat belajar dan mengatasi masalah ketidaktertarikan dalam pendidikan. Melalui pendekatan yang menyenangkan dan edukatif, diharapkan para anak-anak dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dengan lebih efektif.

References

R. Nuqisari and E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 berbasis Android,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 19, no. 2, pp. 86–92, 2019, doi: 10.23917/emitor.v19i2.7987.

F. Yulianto, F. Yulianto, Y. T. Utami, and I. Ahmad, “Game Edukasi Pengenalan Buah-buahan Bervitamin C Untuk Anak Usia Dini,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 242, 2019, doi: 10.23887/janapati.v7i3.15554.

F. M. Adenansya, “Rancang Bangun Game Edukasi Belajar Akasara dan Tata Krama Bahasa Jawa Untuk SD Kelas 4 Berbasis Android,” pp. 1–9.

D. J. Laksana, A. Budiman, and W. Apriandari, “Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Menggunakan Metode MDLC Berbasis Android”.

D. Damayanti, M. F. Akbar, and H. Sulistiani, “Game Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 275, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020721671.

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘ AMUDRA ’ Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 77–80, 2019.

M. Ridwan and P. Prasetyawan, “Rancang Bangun Aplikasi Permainan Adventure of Frunimal Untuk Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Android,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 763, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1599.

A. . Kevin, “Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Menggunakan Metode Waterfall,” Simki-Techsain, vol. 1, no. 7, pp. 1–10, 2017, [Online]. Available: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/70379502fe6ca7d2eebd2827126a7d3d.pdf

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.

Downloads

Published

2023-09-19