SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AGROWISATA BALE TANI BERBASIS WEB

Authors

  • Abu Yajid Al Bustomy Universitas Islam Majapahit
  • Yesy Diah Rosita Universitas Islam Majapahit
  • Fajar Indra Kurniawan Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.13

Keywords:

Sistem Informasi, Menejemen Wisata, Agrowisata

Abstract

Sistem Informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas seseorang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam hal ini sistem informasi banyak digunakan salah satunya dalam dunia pariwisata. Informasi Manajemen Pada Agrowisata Bale Tani yang berada didesa Banjaragung, kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Agrowisata Bale Tani merupakan tempat wisata baru yang ada di Jombang sehingga belum ada Sistem Pengelolaan Manajemen Data secara Praktis dan cepat. Dengan adanya sistem informasi manajemen ini untuk mempermudah pengelola serta petugas di Objek Wisata Bale Tani ini. Dalam penelitian ini, metode rekayasa perangkat lunak yang digunakan metode waterfall dan perancangan sistem menggunakan PHP dengan penggujian sistem menggunakan black box testing. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan sebuah website “Sistem Informasi Manajemen Agrowisata Bale Tani Berbasis Web” yang dapat diakses oleh admin atau pengelola wisata bale tani, petugas wahana dan parkir, dan wisatawan atau user.

References

Salim, E. (2019). Pengaruh Penerapan Penggunaan Software Akuntansi MYOB Accounting Dalam Upaya Mempermudah Dan Mengefisienkan Kinerja Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan. Jurnal Ekobistek, 92-101.

Heryanto, A., Fuad, H., & Dananggi, D. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Studi Kasus di PT. Infinetworks Global Jakarta. Jurnal Sisfotek Global, 4(2).

Rahmatika, A. N. M. (2021). Strategi Pengembangan Wisata Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pada New Normal (Studi Kasus Di Agrowisata Bale Tani). Youth & Islamic Economic, 2(01s), 19-34.

Wulandari, I. A. Analisis Potensi Agrowisata (Studi Kasus Di Bale Tani Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur). 4 (2019), 29-42.

R. Pasaribu and D. Rahayu, “Perancangan Aplikasi Lowongan Kerja Berbasiskan Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall,” Semin. Nas. Teknol. Inform. “The Futur. Comput. Vision,” pp. 75–80, 2017.

Butsianto, S. (2017). Sistem Informasi Rental Mobil Pada PT. Kembar Jaya Menggunakan Delphi 7. Jurnal SIGMA, 7(2), 103-111.

Saputra, A. D. E., Wibowo, N. C., & Ridwandono, D. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata Berbasis Web. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JIFoSI), 1(1), 159-165.

Luki Ardiantoro, Soffa Zahara, and Nani Sunarmi, “PEMANFAATAN KNOWLEDGE DATA DISCOVERY (KDD) PADA POLA PERMAINAN ATLET BULUTANGKIS”, EXPLORIT, vol. 11, no. 1, pp. 1-6, Jun. 2019.

Downloads

Published

2022-09-30