OPTIMALISASI LAYANAN JASA LAUNDRY PADA APLIKASI (E-LAUNDRY) BERBASIS MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.126Keywords:
aplikasi, android, layanan, laundry, blackboxAbstract
Dalam rutinitas sehari- hari yang sibuk dan padat, layanan jasa laundry memiliki peranan penting. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan layanan jasa laundry dengan penekanan pada efisiensi dan kualitas tinggi. Dalam era kehidupan modern, aplikasi layanan jasa laundry telah menjadi solusi yang popular, membantu pengguna dalam memesan dan melacak status laundry secara mudah. Penelitian ini menerapkan metode analisis dan perancangan dengan fokus pada anailisi berorientasi objek. Sistem dirancang dengan menggunakan sistem flow dan DFD (Data Flow Diagram). Untuk desain sistem, menggunakan figma, sementara implementasi aplikasi dilakukan dengan framework Android Studio dan menggunakan database MySQL untuk menyimpan data. Dalam pengembangan aplikasi,fitur GPS telah diintegrasi untuk membantu pelanggan dan pegawai laundry dalam navigasi dan pelacakan yang efisien. Pada tahap evaluasi, aplikasi E-Laundry diuji menggunakan metode blackbox, dan survei dilakukan kepada pengguna melalui kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan presentase sebesar 87% bahwa pengguna merasa puas dengan kemudahan pengguna dan kualitas layanan yang disediakan oleh aplikasi E- Laundry. Hasil survei menunjukkan bahwa dari total keseluruhan pengujian kuesioner menilai aplikasi dengan baik.
Kata kunci: aplikasi, android, layanan, laundry, blackbox
References
B. Mulyadi, Jaroji, and A. T, “Aplikasi Sistem Pemesanan Jasa Laundry (E-Laundry) Berbasis Android,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 48–57, 2019, doi: 10.31849/zn.v1i1.2386.
F. Fernanda, A. H. Brata, and E. M. A. Jonemaro, “Pengembangan Aplikasi Mobile Pemesanan Jasa Laundry Berbasis Android,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 3, no. 7, pp. 6949–6955, 2019.
Y. D. Setiyawati, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Pembuatan Aplikasi Antar-Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 150, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.150-158.
A. B. Aji, “Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 153,” Pros. SNATIF ke-4 Tahun 2017, pp. 153–160, 2017.
M. Ardhi, T. Mary, and A. A. Samudra, “Perancangan Sistem Informasi Jasa Laundry berbasis Android Pada Bio Clean Laundry,” JURTEII J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 12–18, 2022, doi: 10.22202/jurteii.2022.5708.
M. S. A. Yaqin, “Analisis Perancangan Aplikasi Layanan Laundry Berbasis Visual Basic 2010 Dan Sql Server 2000 Pada Gajayana Laundry,” Semnasteknomedia Online, vol. 4, no. 1, pp. 2-9–1, 2016, [Online].
Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1158/1110
Y. W. Mohamad Ridwan, Sistem Informasi Manajemen. 2021.
M. A. Rahman and R. Lubis, “Sistem Informasi Perbaikan Kualitas Layanan Laundry Di UMKM Baby Dear Karawang Information System Laundy Service Quality Improvement in Baby Dear Karawang,” vol. 2, no. 2, pp. 93–101, 2022.
R. Prasetyo, C. G. Priambodo, and S. Surajiyo, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Dika,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 3, no. 02, pp. 253–260, 2022, doi: 10.30998/jrami.v3i02.4285.
N. D. Dzikrillah, “Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry Di Zazi Laundry Berbasis Web Dan Nexmo Sms Api,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 1854–1867, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i4.1195.
A. P. Anindya and Iva Mindhayani, “Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 7, no. 2, pp. 129–136, 2021, doi: 10.30656/intech.v7i2.3954.