DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI WEB UNTUK PAMERAN KARYA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.125Keywords:
aplikasi, pameran, mahasiswa, karya mahasiswa, websiteAbstract
Aplikasi Pameran Karya Mahasiswa merupakan sistem berbasis website yang memfasilitasi pameran karya mahasiswa di bidang informatika. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung melihat dan menikmati karya mahasiswa secara digital, tanpa perlu hadir di lokasi fisik. Akses yang luas dan fleksibel tersedia bagi semua orang, tanpa terpengaruh oleh jarak dan kesibukan. Pada aplikasi ini melibatkan admin, mahasiswa, dan pengunjung, aplikasi ini menyediakan fitur pencarian untuk memudahkan pengguna menemukan karya yang diminati. Pengujian fungsional dan kuisoner dilakukan untuk memastikan kinerja aplikasi. Tingkat keberhasilan pengujian fungsional mencapai 100%, sementara pengujian kuisoner tampilan mencapai 86% dan pengujian kuisoner kegunaan mencapai 87%. Aplikasi ini memberikan akses memadai bagi pengunjung untuk menikmati karya-karya mahasiswa di bidang informatika. Disarankan untuk terus memperbaiki guna meningkatkan kualitasnya. Dengan demikian, aplikasi ini memberikan pengalaman yang lebih baik dan mendukung eksplorasi karya mahasiswa di bidang informatika.
References
Y. D. R. M. Irfan Hanafi1, Billy Coster Junior2, “OPTIMASI RUTE PENYEBARAN BROSUR BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA,” J. Chem. Inf. Model., vol. 15, no. 2, pp. 9–25, 2019.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Serta Definisi Coronavirus Disease (COVID-19),” Germas, pp. 11–45, 2020, [Online]. Available: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/REV-04_Pedoman_P2_COVID-19__27_Maret2020_TTD1.pdf [Diakses 11 Juni 2021].
H. Mojokerto, “SUBMIT,” vol. 2, no. 2, pp. 52–59, 2022.
R. Sistem, A. A. Mutezar, U. Salamah, I. Komputer, and U. M. Buana, “Pengembangan Sistem Manajemen Event Pameran Karya Mahasiswa Menggunakan Metode Extreme Programming,” vol. 5, no. 10, pp. 809–819, 2021.
J. L. Id, J. Nie, and J. Ye, “Evaluation of virtual tour in an online museum : Exhibition of Architecture of the Forbidden City,” pp. 1–17, 2022, doi: 10.1371/journal.pone.0261607.
C. Environment, L. Zuo, and F. Mei, “RETRACTED : Research on Application of Digital Media Art in Modern Exhibition Design Based on Computer Information Technology Retraction Retraction : Research on Application of Digital Media Art in Modern Exhibition Design Based on Computer Information Te,” 1802.
G. P. Wulaningratri, M. I. Wardhana, and Y. A. L. Hermanto, “Perancangan Desain Web sebagai Media Interaktif Nusantara Wedding Expo,” JoLLA J. Lang. Lit. Arts, vol. 1, no. 2, pp. 137–150, 2021, doi: 10.17977/um064v1i22021p137-150.
D. Riswanda and A. T. Priandika, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang Berbasis Online,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 94–101, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/730
M. Iqbal, S. Sutarman, and D. Irmansyah, “Perancangan Sistem Informasi Project Management Berbasis Web Pada PT Visionet Data Internasional,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 1, no. 1, 2019, doi: 10.38101/ajcsr.v1i1.235.
Noorika Retno Widuri, “Pameran, Media Komunikasi Antara Perpustakaan Dengan Pengguna,” Baca J. Dokumentasi Dan Inf., vol. 28, no. 2, pp. 120–126, 2004, doi: http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v28i2.84.
Y. Rostiani and R. Juliana, “Perancangan Aplikasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Berbasis Web (STUDI KASUS PADA STMIK ROSMA),” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 1, pp. 60–68, 2021, doi: 10.35969/interkom.v16i1.88.