INOVASI APLIKASI LAYANAN CLEANING SERVICE KOLAM RENANG BERBASIS MOBILE

Authors

  • Desi Yunitasari Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.124

Keywords:

mix method, aplikasi cleaning service, mobile

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan aplikasi cleaning service khusus untuk kolam renang yang berbasis mobile. Pendekatan metode campuran digunakan untuk menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif guna memahami kebutuhan pengguna dan efektivitas aplikasi secara komprehensif. Survei dilakukan kepada pemilik kolam renang dan pengguna jasa cleaning service untuk mengevaluasi tingkat kebutuhan, preferensi, dan harapan terhadap aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik kolam renang dan pengguna jasa cleaning service sangat menginginkan aplikasi mobile yang mempermudah pemesanan jasa cleaning service, memantau status pembersihan secara real-time, serta memberikan rekomendasi perawatan kolam renang. Berdasarkan analisis data, aplikasi cleaning service untuk kolam renang dirancang dengan fitur-fitur unggulan seperti pemesanan jasa secara daring, penjadwalan pembersihan, pemantauan status pembersihan secara real-time, dan memberikan rekomendasi perawatan kolam renang. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan notifikasi dan sistem pembayaran terintegrasi untuk mempermudah proses transaksi antara pemilik kolam renang dan penyedia jasa cleaning service. Tampilan customer dan petugas mencapai tingkat keberhasilan yang baik di mana uji coba tampilan admin, tampilan tukang dan tampilan pelanggan rata-rata 83%.

References

Gunawan, R., Rahmatulloh, A., Kurniati, I,. dan Visi Tinta. (2021). Layanan Kebersihan Masjid Berbasis Android Untuk Mendukung Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat berkemajuan (Vol. 21, Issue 1).

Army, Ariyadi,. dan Yeka Hendriani. (2019). Perancangan Aplikasi Pelayanan Cleaning Service. Jurnal vokasional Teknik Elektronika dan Informatika (Vol. 7, Issue 3).

Saputra, A,. dan Rohmat Indra. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Foto Berbasis Android (Studi Kasus:Ace Photography Way Kanan). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi(JTSI) (Vol. 1, Issue 2).

Yulianto, Agus,. dan Aji Wahdini. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penyedia Jasa Kebersihan Berbasis Web. IJCIT (Indonesian Journal On Computer and Information Technology) (Vol. 3, Issue 1).

Janis, Janiver W., Mamahit, Dringhuzen J., Sugiarso, Brave A., dan Arthur M. Rumagit. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Online Sistem Pemesanan Jasa Tukang Bangunan Berbasis Lokasi. Jurnal Teknik Informatika (Vol. 5, Issue 1).

Permana, Gugum,. Mulyani, Asri,. dan Dewi Tresnawati. (2020). Racang Bangun Aplikasi Penyedia Informasi Jasa Terapi Syar’i Berbasis Web . Jurnal Algoritma (Vol. 17, Issue 2).

Downloads

Published

2023-09-19