PROTOTIPE SMART AKUARIUM BERBASIS IOT DENGAN PEMANFAATAN ESP32

Authors

  • Ananto Indra Nugraha Universitas Islam Majapahit
  • Yesy Diah Rosita Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.120

Keywords:

TDS, TSS, SUHU, PH

Abstract

Kekuatan dan kondisi air dalam akuarium merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan secara khusus saat merawat dan memelihara ikan, khususnya ikan hias. Perancangan smart aquarium ini menggunakan 4 buah sensor yaitu sensor kekeruhan, sensor suhu, sensor pH dan salinitas meter yang dikendalikan oleh LCD (Liquid Crystal Display) dengan ESP32 sebagai pusat kendali dari sensor tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem kontrol dan monitoring kualitas air pada akuarium berbasis ESP32 agar para pecinta ikan dapat lebih mudah memantau kualitas air pada akuarium. Pengujian alat memberikan hasil bahwa sistem bekerja seperti yang diharapkan, aturan yang di pakai yaitu{ jika (switch on) dan (phval>=6 dan phval<=9)dan(tdsval>=500 dan tdsval<=1000) dan (suhuval>=9 dan suhuval<=28) OR Switch off then status = “tidak ada aksi” Sebaliknya status =”ada aksi” akhir jika tampilkan status}, jadi jika salah satu sensor mendeteksi tidak sesuai dengan aturan yang ada maka akan muncul notifikasi yang dikirim ke Blynk yang terhubung ke ESP32 melalui jaringan wifi yang nantinya pemilik akuarium dapat memantau kondisi akuraium setiap saat dan dimana saja, dengan nilai MSE(Mean Squared Error) pada masing masing sensor yaitu pH(0.44), Tds(11.3), suhu(0.94).

References

E. Kusrini, “Pengembangan Budidaya ikan hias koi ( Cyprinus carpio ) local di balai penelitian dan pengembangan budidaya ikan hias depok. Media Akuakultur,” 2015.

U. M. Papilon, “Ikan Koi . Penebar swadaya. Jakarta,” 2017.

Ilham Misbakudin al Zamzami, “Fluktuasi bahan organic dan residu terlarut dalam budidaya ikan koi di tulungagung jawa timur,” 2019.

S. Y. Damayanti, “istem monitoring kualitas air tambak ikan koi (Cyprinus Carpio) Berbasis teknologi internet of think (ioT),” 2021.

M. S. Dr. Supomo, S.Pi, “Mana,” 2015.

F. AMIN, “IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING DAN KENDALI KEKERUHAN PADA AIR TAMBAK UDANG MENGGUNAKAN ESP8266 NODE MCU BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) SKRIPSI,” 2019.

& D. K. W. Uun Yanuhar, M. M., “Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Kualitas Air dan Kesehatan pada Budidaya Ikan Koi (Cyprinus carpio ),” 2019.

N. R. Jauhari, “Purwarupa system pemantauan dan pengendalian ekosistem kolam ikan koi ( Cyprinus Carpio ) berbasis internet of Think (ioT),” JIT, vol. 14, 2018.

A. W. and I. D. W. Susanto, “Otomasi Penggerak Kamera Dengan Motor Step Sebagai Alat Bantu Kalibrasi Alat Ukur Panjang,” 2015.

C. S. dan Kusnadi, “Kalibrasi Sensor Temperatur Dengan Metoda Perbandingan dan Simulas,” 2011.

Downloads

Published

2023-09-19