RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI HOME SERVICE BERBASIS MOBILE

Authors

  • Alfian Nugroho Universitas Islam Majapahit
  • Yesy Diah Rosita Universitas Islam Majapahit
  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.119

Keywords:

android, kebersihan, rumah, blackbox

Abstract

Dalam era digital saat ini, permintaan untuk layanan kebersihan meningkat dikarenakan banyaknya pekerjaan rumah tangga yang dikesampingkan karena tingginya tingkat produktifitas ibu rumah tangga yang menjadi wanita karir. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi mobile jasa home service yang memudahkan pengguna dalam mencari dan memesan jasa dengan cepat, dan mudah.. Aplikasi memiliki tiga user yaitu user admin, customer, dan petugas yang dirancang dengan fitur-fitur yang mempermudah pengguna dalam mencari, memilih, dan memesan jasa home service dengan kategori yang berbeda, seperti pembersihan kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan lainnya. Pengguna dapat melihat profil penyedia jasa, membaca ulasan dari pengguna lain, serta memberikan rating dan ulasan setelah menggunakan jasa tersebut. Dalam tahap evaluasi, aplikasi diuji menggunakan metode blackbox dan survei kepada pengguna yang telah mencoba aplikasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengguna merasa puas dengan kemudahan penggunaan dan kualitas layanan yang diberikan oleh aplikasi, dengan presentase kepuasan sebesar 88,38% dari total keseluruhan pengujian kuisioner, serta hasil dari pengujian blackbox sebesar 93.7% secara keseluruhan, aplikasi berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dalam mencari dan memesan jasa home service. Aplikasi ini diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna untuk mendapatkan layanan jasa yang bersih, kinclong, dan harum di lingkungan rumah mereka.

References

D. Hardiana, “Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Brat,” J. Buana, vol. 2, no. 2, p. 495, 2018, doi: 10.24036/student.v2i2.98.

R. S. Naibaho, “Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan,” no. April, 2017.

Maydianto and M. R. Ridho, “Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop,” J. Comasie, vol. 02, pp. 50–59, 2021.

W. R. H. Nasution, M. I. P. Nasution, and S. S. A. Sundari, “9 Pendapat Ahli Mengenai Sistem Informasi Manajemen,” J. Inov. Penelit., vol. 3, no. 4, pp. 5893–5896, 2022.

B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce,” Systematics, vol. 1, no. 2, p. 81, 2019, doi: 10.35706/sys.v1i2.2076.

H. HES Indonesia, “Pengertian Cleaning Service,” 2018. https://hes.co.id/pengertian-cleaning-service

Ismai, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO

Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL,” J.

Tikar, vol. 1, no. 2, pp. 192–206, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/teknik_informatika/article/download/153/ 121

Reni Maharani & Mustar Aman, “untuk mendukung kegiatan operasional sehari-hari pada sekolah tersebut. Dengan adanya aplikasi berbasis,” vol. 5, no. 2, 2020.

T. I. Si, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka ( Persero ) Berbasis Equivalence Partitions Blackbox Testing Of Pt Inka ( Persero ) Employee Performance Assessment Information System Based On teknik Equivalence Partitions melakukan inisialisasi standar grade partitions masukan,” vol. 4, pp. 22–26, 2021.

Info.populix.co, “Pengertian Kuesioner, Jenis, Cara Membuat dan Contohnya,” 2023.

Downloads

Published

2023-09-03