ANALISA PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT 110 CC DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR DENGAN NILAI OKTAN 90 DAN 92

Authors

  • Achmad Luthfi Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.117

Keywords:

transportasi, analisa performa, bahan bakar, torsi, daya

Abstract

Pada saat ini kendaraan bermotor merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan sehari hari. Oleh karena itu kebutuhan manusia terhadap tranportasi juga semakin meningkat seiring waktu. Semakin meningkatnya kebutuhan menimbulkan banyaknya konsumsi bahan bakar. Mesin motor modern umumnya menggunakan mesin 4-tak(empat langkah). Mesin 4-tak (empat langkah) sangat banyak digunakan di berbagai kalangan karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mesin 2-tak (dua langkah), seperti efisiensi pembakaran yang lebih tinggi dibandingkan mesin 2-tak (dua langkah).Analisis performa pada motor dengan variasi bahan bakar memiliki kepentingan yang besar dalam menjaga kinerja mesin yang optimal dan meningkatkan pengalaman saat berkendara. Melakukan analisis performa memungkinkan kita untuk memahami bagaimana bahan bakar yang berbeda dapat mempengaruhi kinerja mesin dalam aspek-aspek seperti torsi, tenaga, akselerasi, dan responsifitas.Perbedaan performa motor berbahan bakar pertalite 90 dan motor berbahan bakar pertamax 92. Sehingga, di dapatkan perbedaan performa motor. Peneliti ingin mengetahui bagaimana perbedaan peforma motor yang menggunakan bahan bakar pertalite 90 dan pertamax 92.Perbedaan performa motor berbahan bakar pertalite 90 dan motor berbahan bakar pertamax 92. Sehingga, di dapatkan perbedaan performa motor. Peneliti ingin mengetahui bagaimana perbedaan peforma motor yang menggunakan bahan bakar pertalite 90 dan pertamax 92.Berdasarkan analisis grafik yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar pertamax dengan nilai oktan 92 menghasilkan torsi dan daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar pertalite dengan nilai oktan 90.

References

Gaol, Reginal P. Lumban. "UJI PERFORMANSI MESIN OTTO SATU SLINDER DENGAN BAHAN BAKAR PERTALITE DAN PERTAMAX." PISTON (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Fakultas Teknik UISU) 4.2 (2020): 64-70.

Yudistirani, Sri Anastasia, et al. "Analisa Performa Mesin Motor 4 Langkah 110Cc Dengan Menggunakan Campuran Bioetanol-Pertamax." Jurnal Teknologi 11.1 (2019): 85-90.

Ariawan, I. Wayan Budi, W. B. G. I. Kusuma, and IW Bandem Adnyana. "Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis." J. METTEK 2.1 (2016): 51-58.

Ilham, Muamar. Pengaruh Bahan Bakar Pertalite Dan Premium Terhadap Performa Mesin Motor Yamaha Jupiter Z–Cw Tahun 2010. Diss. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK, 2017.

Koto, Faimal Rivai. "Analisis Perbandingan Efisiensi Kerja Mesin Bensin Pada Mobil Tahun 2000 Sampai Tahun 2005 Dan Mobil Tahun 2018 Serta Pengaruh Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Cara Perawatannya Sebagai Rekomendasi Bagi Konsumen." JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING MANUFACTURES MATERIALS AND ENERGY 3.2 (2019): 76-83.

Mulyono, Sugeng, Gunawan Gunawan, and Budha Maryanti. "Pengaruh penggunaan dan perhitungan efisiensi bahan bakar premium dan pertamax terhadap unjuk kerja motor bakar bensin." JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) 2.1 (2014).

Ari, Tria Puspa. "Siklus-siklus Mesin Kalor." (2022).

Syahrani, Awal. "Analisa kinerja mesin bensin berdasarkan hasil uji emisi." SMARTek 4.4 (2006).

Utama, Kukuh Wijaya. Pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Team Achivement Division terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar memahami cara kerja engine 2 dan 4 langkah siswa kelas X TKRO SMKN 11 Malang/KUKUH WIJAYA UTAMA. Diss. Universitas Negeri Malang, 2022.

Wibowo, Rano, S. Suriansyah, and Agus Suyatno. "Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Dengan Radiator Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Mesin Bensin." PROTON 4.2 (2016)

Downloads

Published

2023-09-23