PENGARUH PERBANDINGAN INJEKTOR STANDART DAN INJEKTOR RACING BRT TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA ADV 150 CC

Authors

  • Dimas Dwi Handoko Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit
  • Atika Isnaning Dyah Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.11

Keywords:

injektor mesin, honda adv

Abstract

Injeksi adalah metode yang digunakan oleh kendaraan bermotor untuk tujuan pencampuran bahan bakar dan udara untuk mencapai pembakaran sempurna. Untuk menggunakan injeksi, campuran bahan bakar dan udara harus melewati komponen yang dikenal sebagai injektor. Perbedaan Injector hole standart (hole 6) dengan variasi diatasnya adalah pada jumlah bahan bakar atau injector flow rate. Untuk Injector hole standart Honda Adv 150 cc dengan 6 hole sebesar 125 cc/min, sedangkan untuk variasi Injector racing brt 8 hole diatasnya sebesar 150 cc/min. Dengan kata lain volume bahan bakar akan meningkat apabila Injector hole bertambah.

References

S. Pamungkas, “Analisa Sistem Bahan Bakar Injeksi Pada Mesin Bensin Menggunakan Scan Tools Dan Gas Analyzer,” J. Tek. Mesin, vol. 3, no. 3, hal. 38, 2017,

yudi andri Mulis, “Analisa Performa Honda Scoopy FI Dengan Variasi Injektor Standart Dan Racing,” J. Simetri Rekayasa 2020 92-96, vol. 2, no. 1, hal. 92–96, 2020.

M. A. Afwan dan W. D. Rahardjo, “Pengaruh Penggunaan ECU Standar dan ECU Juken dengan Variasi Injektor Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Yamaha V-ixion,” Automot. Sci. Educ. J. 9, vol. 1, no. 2, hal. 25–30, 2020.

V. Tristianto, “Pengaruh Penggunaan Injector Vixion Dan Ecu Racing Pada Sepeda Motor Yamaha Mio J Terhadap Daya Motor,” Tahun, vol. 24, no. 2, hal. 1–10, 2016.

D. Setiawan, “Analisis Perbandingan Single Injektor Dengan Double Injektor Pada Motor Mio J Berbahan Bakar Gas Lpg Terhadap Torsi Dan Daya,” 2009.

Downloads

Published

2022-09-30