ANALISIS LAJU PANAS CAIRAN PENDINGIN RADIATOR DENGAN MENGGUNAKAN CAMPURAN AIR DAN EHTYLENE GLYCOL

Authors

  • Risky Twowiky Renaldi Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Dicki Nizar Zulfika Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v2i1.108

Keywords:

Temperatur, cairan pendingin radiator

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengujian . Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat suhu mesin melebihi suhu normal mesin saat bekerja, Pada penelitian ini dilakukan pengujian laju panas mesin dengan menggunakan cairan pendingin radiator dengan campuran air dan ehtylene glycol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui laju panas  coolat radiator. Dari penelitian tersebut diambil data antara lain temperatur radiator, dan volume aliran fluida radiator  yang kemudian dilakukan pengolahan data untuk menentukan laju panas, hasil dari penelitian ini untuk mengetahui laju panas mengunakan cairan pendingin dengan campuran air dan ehtylene glycol menunjukkan rata – rata  temperatur dari cairan pendingin menggunakan campuran air dan ehtylene glycol yaitu 5,8 °C. Cairan pendingin radiator dengan menggunakan campuran air dan ehtylene glycol mempunyai kemampuan penmbuangan panas yang tinggi

References

Haris, H., Effiandi, N., & Asmed, A. (2022). Perbandingan Penggunaan Cairan Pendingin Radiator Terhadap Temperatur Kerja Mesin Mobil Toyota Avanza 1.5 SM/T. Jurnal Teknik Mesin, 15(1), 20-25.

Hadi, B., & Muttaqin, A. Z. (2014). Efektivitas Variasi Campuran Radiator Coolant dengan Air Terhadap Laju Pembuangan Panas. ROTOR, 7(1), 35-38.

Islam, M. (2018). Analisa Pengaruh Kecepatan Air Radiator dan Jumlah Pipa Terhadap Efektivitas Penyerapan Panas Pada Mesin Motor Bensin (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945).

Raflando, K., Subiyakto, G., & Farid, A. (2016). Analisis Volume Air Radiator Terhadap Perubahan Temperatur Pada Motor Diesel Chevrolet. PROTON, 4(2).

Surjadi, E., Wahyudi, H., & Wijoyo, W. (2021). Pengaruh Jumlah Core Radiator Dan Volume Air Pendingin Terhadap Temperatur Kerja Pendingin Motor Bakar 4-Tak. In Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi (Vol. 1, No. 1).

Utami, H., & Azhar, A. (2017). Buku Ajar Transfer Massa dan Panas.

Murti, M. R. (2008). Laju pembuangan panas pada radiator dengan fluida campuran 80% air dan 20% RC pada rpm konstan. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM, 2(1), 4-9.

Nugroho, A. (2009). LAJU PERPINDAHAN PANAS PADA RADIATOR DENGAN FLUIDA CAMPURAN 80% AIR DAN 20% RADIATOR COOLANT PADA PUTARAN KONSTAN: Vol. 4 No. 2 Maret 2009. Tatal, 4(2), 65-75.

Nuryanto, B. N. D., Istanto, T., & Juwana, W. E. (2016). Pengaruh laju aliran coolant campuran air dengan ethylene glycol terhadap laju perpindahan panas dan penurunan tekanan radiator otomotif. Jurnal Teknik Mesin Indonesia, 11(2), 71-76.

Downloads

Published

2023-09-23