RANCANG BANGUN GAME PEMBELAJARAN ALAT MUSIK ISLAMI BERBASIS MOBILE

Authors

  • Ahmad Zakiyul Ahkam Universitas Islam Majapahit
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Joko Ristono Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.10

Keywords:

game, rebana, islami

Abstract

Seni musik Al banjari, Seni musik Al-Banjari merupakan kesenian khas islami yang berasal dari Kalimantan. Iramanya yang menghentak dan variatif membuat kesenian ini banyak digandrungi oleh banyak kalangan, dari anak-anak sampai orang tua. Seni musik Al-Banjari ini dimainkan oleh 10 orang, yaitu 5 orang sebagai penabuh rebana dan 5 orang sebagai vocal. Seni musik Al-Banjari ini merupakan ekstra kurikuler terbaik di pondok-pondok salafiyah, bahkan dalam lingkup universitas pun juga banyak yang ikut memainkan alat musik islami ini, seperti pada UKMB (unit kegiatan mahasiswa banjari) Asadul fataa Universitas Islam Majapahit. Harga alat musik al-banjari ini bisa dikatakan cukup mahal, sehingga membuat para mahasiswa di Universitas Islam Majapahit harus bergantian ketika akan melakukan latihan rutin karena fasilitas alat musik banjari yang terbatas. Agar latihan banjari di Universitas Islam Majapahit menjadi lebih efisien tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli alat musik banjari, maka dari itu si peneliti ingin merancang dan membuat sebuah aplikasi rebana, tools yang digunakan untuk membangun aplikasi ini yaitu unity, Unity adalah sebuah plikasi yang fungsinya untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity sangat bagus karena memiliki perpaduan dengan aplikasi profesional. Unity memiliki editor user interface yang sederhana. Dan sebagai media untuk membuat yaitu menggunakan blender. Untuk pengaplikasiannya yaitu menggunakan android atau handphone, sehingga si peneliti berharap bahwa aplikasi ini bisa membuat latihan banjari di Universitas Islam Majapahit menjadi lebih efisien

References

M. W. Candra, “Butanya Anggota Terhadap Loyalitas dan Kebersamaan ‘Ala’ Asafa !!!,” " UKM BANJARI ASADUL FATAA UNIM MOJOKERTO ", 2017. http://myasafaunim.blogspot.com/ (accessed Jul. 17, 2022).

T. Arifianto, Q. S. Nurullah, and M. A. Syufagi, “Perancangan Aplikasi Alat Musik Tradisional Rebana Berbasis Android untuk Pembelajaran Ekstrakurikuler Hadrah di SLB B-C Nusantara Bangil Kab. Pasuruan,” Rekayasa, vol. 11, no. 2, p. 146, 2018, doi: 10.21107/rekayasa.v11i2.4420.

J. Pengabdian and M. Bidang, “Pelatihan Al-Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Malam Lailatus Sholawat Santriwati Pondok Pesantren Bahrul ‘ Ulum , Ribath Sabilul Huda Jombang,” vol. 2, no. 1, 2021.

L. Ardiantoro and Mimin F. Rohmah2, “KOMPUTERISASI UNTUK PENINGKATAN LAYANAN NASABAH PADA BANK SAMPAH GAPOSI SEJAHTER MOJOKERTO,” Bantenese J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, 2019.

S. Kurniawan, T. Bayu, “Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan My.SQL,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.

Andi Nur Rachman, “SISTEM INFORMASI WISATA DI AMPERA WATERPARK,” J. Siliwangi, vol. 4, no. 2, 2018.

Downloads

Published

2022-09-17