PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK AUTOMATION LEVEL CONTROL PADA TANGKI CAIRAN BAHAN KIMIA

Authors

  • Rokhmad Eko Cahyono Program Studi Teknik Informatika Universitas Billfath Lamongan
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/semastek.v1i1.1

Keywords:

Industrial Outomation, DCS, Control Valve, Set Point, Gain

Abstract

Perkembangan pesat Industrial Automation atau otomasi industri umumnya terjadi pada perusahaan yang memproduksi barang berskala besar dan produk untuk ekspor. DCS atau Distributed Control Systems merupakan salah satu produk efek dari industrial automation. DCS adalah platform sistem pengendali otomatis yang memiliki elemen sistem kontrol yang terdistribusi dan memiliki card elektronik untuk input output cukup besar sesuai dengan kebutuhan pabrik. Pada Industri yang memproduksi bahan kimia, proses kontrol ketinggian pada tangki bahan kimia merupakan bagian penting dalam proses produksi. Pada penelitian ini sistem pengendalian pada tangki bahan kimia masih Manual yaitu operasionalnya masih sangat bergantung pada operator dalam mengatur buka tutup manual ball valve agar ketinggian isi cairan bahan kimia dalam tangki terjaga. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan otomasi dengan menambahkan sensor level sebagai alat ukur ketinggian dan control valve untuk mengatur ketinggian cairan yang terhubung dengan DCS. Metode yang digunakan adalah modifikasi sistem kontrol ketinggian dari sistem Manual atau Manual Control menjadi sitem Auto atau Automatic Control. Hasil uji coba pada kondisi Auto maka jika Set Point SP atau setting ketinggian yang diinginkan operator produksi=80% dan ketinggian cairan mencapai 85% maka control valve akan berangsur menutup atau CLOSE, sampai ketinggian cairan mencapai 80% kembali dan sebaliknya jika ketinggian cairan di bawah Set Point atau SP maka control valve berangsur membuka atau OPEN secara otomatis. Kestabilan proses didapat dengan melakukan tuning PID controller dan didapatkan nilai Gain Kc=1.2, Integral Time Ti=6 dan Derivative Time Td= 0. Dari hasil penelitian ini diharapkan sistem lebih stabil dan ketinggian cairan di tangki dapat dimonitor dari display komputer HMI DCS sehingga pekerjaan operator produksi untuk buka tutup manual ball valve bisa dialihkan untuk pekerjaan yang lain.

References

A. Venkataraman, “Application of DCS for Level Control in Nonlinear System using Optimization and Robust Algorithms,” 2020.

M. F. Rohmah, R. E. Cahyono, Y. N. Sukmaningtyas, and L. Ardiantoro, “Workshop Online Otomasi Distributed Control System Berbasis Internet-Of-Things di SMK PALAPA Mojokerto,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 5, no. 2, pp. 199–208, 2021.

K. Ogata and E. LAKSONO, “Teknik Kontrol Automatik, Jilid 2,” 1997.

Z. A. Nasrul, A. Azhari, R. Dewi, L. Hakim, and M. Septiana, “APLIKASI LEVEL CONTROL PADA SEPARATOR (SLUG CATCHER D-2710) PADA GAS RECEIVING PT. PERTA ARUN GAS,” J. Teknol. Kim. Unimal, vol. 9, no. 2, pp. 23–34, 2021.

R. K. Kodali and S. Soratkal, “MQTT based home automation system using ESP8266,” in 2016 IEEE Region 10 Humanitarian Technology Conference (R10-HTC), 2016, pp. 1–5.

Downloads

Published

2022-09-04